HETANEWS

Kejari-PN Simalungun Terapkan Persidangan Secara Online, Intip Caranya

Sidang online menggunakan sarana video teleconference. (Foto: Ayu)

Simalungun, hetanews.com - Kejaksaan Negeri Simalungun sebagai kejaksaan di Sumatera Utara yang pertama kali menggelar persidangan secara online pasca ditetapkannya sosial distancing  sesuai anjuran Jaksa Agung RI, sebagai antisipasi penyebaran corona virus disease (Covid-19).

Sidang pidana online setelah berkoordinasi dengan pihak Lapas Klas II A Pematangsiantar dan juga Pengadilan Negeri Simalungun. Ketiga lembaga ini mengambil langkah cepat dan tepat untuk menghindari penyebaran Covid-19.

Hal itu disampaikan Kajari Simalungun Gloria Sinuhaji melalui Kasi Pidum Irvan Maulana kepada wartawan di kantornya, Senin (30/3/2020).

Dikatakannya, persidangan online digelar melalui sarana video teleconfrence (vidcon) yang menghubungkan ketiga instansi tersebut.

Adapun mekanismenya, saksi yang memberikan keterangan berada di kantor kejaksaan. Sedangkan terdakwa tetap berada di Lapas dan Majelis hakim yang memimpin persidangan tetap berada di pengadilan.

“Sehingga menghindari kerumunan dan juga bekerja dari kantor masing masing,“ ungkap Irvan.

Seperti terlihat dalam gambar, agenda persidangan dipimpin Ketua Majelis Hakim Roziyanti didampingi dua hakim anggota Aries Ginting dan Mince Ginting. Sidang ini beragendakan mendengarkan keterangan saksi.

Penulis: ay. Editor: bt.

Ikuti Heta News di Facebook, Twitter, Instagram, YouTube, dan Google News untuk selalu mendapatkan info terbaru.