HETANEWS

Hari Ini, Keluarga Pasien PDP Corona di Bangun Panei Diperiksa Dinkes Simalungun

Tim medis saat melakukan pemeriksaan terhadap keluarga dari pasien PDP corona dan pendistribusian air bersih kepda warga Nagori Bangun Panei. (foto/hen)

Simalungun, hetanews.com - Tim medis dari Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Simalungun, memeriksa kesehatan keluarga pasien yang berstatus PDP virus corona, di Nagori Bangun Pane, Kecamatan Dolok Masagal, Kabupaten Simalungun, pada Minggu (29/3/2020).

Dan pada hariu itu juga, dilakukan pendistribusian air minum di daerah tersebut oleh pihak Badan Penanggulan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Simalungun.

Hal itu dilakukan, menindak lanjuti surat  Bupati Simalungun, pasca dirujuknya seorang pasien PDP Corona dari Puskesmas Nagori Bangun Panei, Kecamatan Dolok Masagal, Kabupaten Simalungun, di RSUD Perdagangan, pada 26 Maret 2020, lalu.

Pemeriksaan kesehatan itu dilakukan, guna mengantisipasi, serta mencegah penyebaran Corona Virus Disease 2020 (Covid-19), di nagori tersebut. Dan saat pemeriksaan, petugas juga menggunkan Alat Pelindung Diri (ADP).

Seperti diungkapkan Bupati Simalungun, JR Saragih, dirinya menghimbau seluruh masyarakat sekitar Nagori Bangun Panei, agar tidak terlibat kontak dengan desa -desa lainnya, sembari menunggu tim medis melakuka pemeriksaan kesehatan.

"Kami juga telah mengeluarkan surat, kepada kepala desa, camat, sekaligus Kapolsek dan Dandim untuk melakukan pengawasan di nagori itu. Jadi, selama 14 hari ini, daerah itu benar - benar kita awasi, baik pergerakan masyarakat di nagori itu, maupun masyarakat yang datang ke situ. Kami sudah perintahkan kepada kepala bencana agar mengirim air langsung ke rumah - rumah masyarakat, agar mereka menghindari kontak langsung," kata Bupati Simalungun, kemarin.

Sementara, Kepala Kominfo Kabupaten Simalungun, Wasin, membenarkan kegiatan hari ini, yaitu sesuai dengan perintah Bupati Simalungun, menyusul dirawatnya salah seorang pasien PDP, namun telah dinyatakan negatif Covid-19.

Penulis: hen. Editor: gun.