HETANEWS

Polisi dan Satpol PP Menyeser Warung Kopi Mengantisipasi Covid 19

Pemilik salah satu warung di Pematangsiantar menyemprot cairan disinfektan sebagai upaya pencegahan corona virus disease atau Covid 19. Satpol PP dan Polisi menyeser warung kopi untuk mencegah berkumpulnya banyak orang.

Siantar, hetanews.com - Dalam memutus penyebaran corona virus disease atau covid 19 Satpol PP bersama Polres Pematangsiantar gencar menyeser tempat-tempat warga berkumpul seperti kedai kopi. Pemerintah melarang warga untuk berkumpul dan menerapkan sosial distancing atau physical distancing.

"Sudah ada kesepakatan kita dengan pemerintah dan pihak kepolisian. Kalau ada warga ngumpul ngumpul di kedai kita imbau untuk pulang ke rumah masing masing," ujar Kasi Tranntibum Satpol PP, Raja Nababan, Sabtu (28/3/2020).

"Tadi malam kami juga membubarkan warga yang ngumpul ngumpul di warung kopi di Jalan Tanah Jawa. Ini situasi bencana nasional. Untuk mencegah penyebaran Covid 19, maunya jangan ada lagi warga yang ngumpul-ngumpul," katanya menjelaskan.

Baca juga: Polisi dan Satpol PP Imbau Warga Agar Tinggal di Rumah

Raja menuturkan, Walikota Pematangsiantar mengeluarkan surat edaran pada Jumat kemarin. Surat edaran tentang pencegahan penyebaran Covid 19 ditujukan kepada pemilik usaha warung kopi dan Toko toko. 

"Surat edarannya sudah kita beri ke pemilik toko di Jalan Sutomo-Merdeka dan warung warung Kopi. Hari ini kita akan sebarkan di jalan Kartini dan tempat tempat lain yang sering orang berkumpul," jelasnya.

Surat edaran tersebut tidak secara eksplisit meminta pengusaha untuk menutup kedai kopi atau toko. "Ada kedai kopi yang buka tapi take away. Ada juga dengan kesadaran menutup warungnya," imbuhnya.

Sebelumnya, Satpol PP juga menyurati pemilik usaha hiburan malam seperti  café and resto, Club Malam, Karoke dan Diskotik untuk tidak beroperasi. Demikian dengan tempat tempat terapis dan kusuk lulur.

"Untuk patroli kita lakukan 3 kali dalam sehari. Belum lagi kalau malam. Kita berharap masyarakat mengikuti aturan pemerintah untuk memutus penyebaran Covid 19 ini," katanya.

Baca juga: Antisipasi Corona, Kusuk Lulur Hingga Hiburan Malam Ditutup

Penulis: gee. Editor: edo.