HETANEWS

Pantau Penyemprotan Disinfektan, JK: Efektif Hentikan Sebaran Covid-19

Ketua Umum PMI Jusuf Kalla (JK) melakukan penyemprotan cairan disinfektan di Kecamatan Johar Baru, Jakarta Pusat, dan Kelurahan Kalibata, Kecamatan Pancoran, Jakarta Selatan, Sabtu (28/3/2020).

Jakarta, hetanews.com - Palang Merah Indonesia (PMI) melakukan penyemprotan cairan disinfektan di Kecamatan Johar Baru, Jakarta Pusat, dan Kelurahan Kalibata, Kecamatan Pancoran, Jakarta Selatan, Sabtu (28/3/2020).

Ketua Umum PMI Jusuf Kalla (JK) mengatakan penyemprotan seperti itu dirasa cukup efektif untuk menghentikan penyebaran virus Corona atau Covid-19.

JK ikut memantau jalannya penyemprotan disinfektan di Kecamatan Johar Baru didampingi oleh unsur tripika setempat. Penyemprotannya sendiri diakukan dengan beragam acara. Misalnya menggunakan mobil blower milik PMI serta dibantu oleh relawan yang turut menyemprotkan cairan disinfektan dengan berjalan kaki menyusuri jalan dan gang-gang di sana.

Sedangkan untuk penyemprotan di Kelurahan Kalibata, Jakarta Selatan dilakukan dilakukan petugas PMI dnegan cara menggunakan sepeda motor roda tiga menyusuri jalan. JK menuturkan kalau cara penyemprotan disinfektan seperti itu dinilai efektif untuk menghentikan penyebaran Covid-19 di lingkungan warga.

JK menyebut sejumlah negara terpapar covid-19 lainnya seperti China dan Korea Selatan juga melakukan hal yang sama dan terbukti efektif. Menurutnya penyemprotan cairan disinfektan tersebut ideal dilakukan dalam kurun waktu dua hari sekali.

Ketua Umum PMI Jusuf Kalla (JK) melakukan penyemprotan cairan disinfektan di Kecamatan Johar Baru, Jakarta Pusat, dan Kelurahan Kalibata, Kecamatan Pancoran, Jakarta Selatan, Sabtu (28/3/2020). (Foto dok. PMI)
Ketua Umum PMI Jusuf Kalla (JK) melakukan penyemprotan cairan disinfektan di Kecamatan Johar Baru, Jakarta Pusat, dan Kelurahan Kalibata, Kecamatan Pancoran, Jakarta Selatan, Sabtu (28/3/2020).

Sebelumnya, JK juga ikut memantau penyemprotan cairan disinfektan ke sejumlah daerah dan tempat beribadah seperti masjid serta lembaga pemasyarakatan (Lapas). Salah satu contoh yakni ketika JK ikut meninjau penyemprotan disinfektan di Lapas Kelas 1 Cipinang, Jakarta Timur, Jumat (20/3/2020).

Ketika memantau, JK berharap apa yang dilakukan oleh PMI juga dilakukan oleh kementerian atau instansi lainnya.

"Pak menteri dan seluruh aparat, kita kurangi bicara dan perbanyak upaya. Kita selalu bilang gini sibukan sekarang daripada nanti kita sibuk di rumah sakit," kata JK.

Sumber: suara.com 

Editor: suci.

Ikuti Heta News di Facebook, Twitter, Instagram, YouTube, dan Google News untuk selalu mendapatkan info terbaru.