HETANEWS

Warga Jalan Makmur Gotong royong Cegah Covid 19

Penyemprotan disinfektan di salah satu rumah warga di Jalan Makmur.

Siantar, hetanews.com - Warga dan pemuda-pemudi di lingkungan Kelurahan Asuhan, Kecamatan Siantar Timur, Pematangsiantar bergotong royong menyemprot disinfektan dirumah-rumah warga di Jalan Makmur Kelurahan Asuhan Pematangsiantar, Jumat(27/3/2020).

"Penyemprotan ini dinisiasi oleh organisasi pemuda kampung, Punguan Naposobulung Mekar Jalan Makmur Keluarahan Asuhan. Aksi penyemprotan ini direncanakan berlanjut hari Sabtu besok, serta pembuatan hand sanitizer dibeberapa titik di Kelurahan Asuhan," kata Ketua Punguan Naposobulung Mekar, Gading B Simangunsong.

Gading menyebut aksi ini merupakan murrni swadaya dari pemuda-pemudi dengan elemen masyarakat yang terpanggil untuk  memerangi wabah pandemi Covid-19 di Pematangsiantar. "Ini murni gagasan kami pemuda dan warga Asuhan, karena kalau hanya menunggu-nunggu pemerintah bergerak tidak akan berdampak apa-apa," terangnya.

Dia mengapresiasi masyarakat yang telah memelihara semangat bergotong royong sehingga penyemprotan ini dapat dilaksanakan dengan cepat dan mudah. Cairan disinfektan yang disemprotkan sebanyak 50 liter untuk 120 rumah warga 

Gading menyebut, selain menyemprotkan disinfektan, mereka juga menginisasi untuk membuat 3 titik fasilitas cuci tangan dan hand sanitizer di Jalan Makmur guna menjaga kebersihan diri warga setempat.

Lurah Kelurahan Asuhan, Flash Gordon Siregar, mengapresiasi penyemprotan disinfektan yang digagas pemuda-pemudi Mekar. "Kami berharap ini dapat menginspirasi banyak orang, bahwa dengan penyemprotan disinfektan ini sangat membantu dan turut meringankan kerja pemerintah," ucapnya.

Tokoh Masyarakat setempat berujar kegiatan itu amat penting untuk dipelihara karena merupakan salah satu kearifan lokal dimasyarakat. "Ini adalah kerja bersama, gotong royong yang perlu dibina karena di zaman sekarang semangat gotong royong masyarakat itu seakan memudar." ujar Marnaek. [Rel]

Editor: edo.