HETANEWS.COM

DLH Maksimalkan APD Bagi Petugas Kebersihan

Petugas kebersihan Pematangsiantar melakukan cek suhu tubuh.

Siantar, hetanews.com - Dinas Lingkungan Hidup atau DLH Pematangsiantar memaksimalkan kebutuhan alat pelindung diri [APD] bagi petugas kebersihan. Selain APD, petugas kebersihan juga dicek kesehatannya, guna mengantisipasi penyebaran Covid 19. 

"Sebagai langkah awal, kita sudah melengkapi APD seperti masker, topi, helm, sarung tangan, pakaian dan sepatu boot bagi petugas," Ujar Kepala Dinas Lingkungan Hidup, Dedi Tunasto Setiawan, Jumat (27/3/2020). 

Dedi mengakui, APD tersebut masih standarisasi petugas kebersihan. Dengan terbitnya surat edaran dari Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan tentang pengelolaan limbah Infeksius [B3] dan sampah rumah tangga dari penanganan covid 19, kebutuhan APD akan terus dimaksimalkan. 

"Kita masih butuh Masker dan Hand sanitizer. Karena masker gak bisa itu itu saja dipakai. Kemudian APD mereka harus disucihamakan [Dibersihkan] setiap hari," 

"Kita sudah rapat kemarin, jadi ada beberapa anggaran yang kita akan geser untuk kebutuhan itu. Jadi kita akan lengkapi kekurangan itu," jelasnya. 

Petugas kebersihan bekerja mengangkut sampah domestik dari rumah tangga dan tempat sampah. Ada pula petugas kebersihan bekerja di tempat pembuangan akhir atau TPA. 

Sementara pengelolaan limbah infeksius atau B3 di tiap rumah sakit dikelolah oleh rumah sakit tersebut. 

"Kalau untuk sampah domestik rumah sakit petugas kita yang membersihkan. Tapi kalau B3-nya itu rumah sakit yang mengelola," jelas Dedi. 

Selain melengkapi APD bagi petugas kebersihan, DLH juga melakukan penyemprotan cairan disinfektan secara berkala. DLH juga menyiapkan hand sanitizer dan tempat cuci tangan bagi petugas kebersihan di TPA.

Penulis: gee. Editor: edo.