HETANEWS

Antisipasi COVID-19, Kejaksaan Langkat Minta Warga Patuhi Ketentuan, Bila Tidak ada Ancaman Pidana

Imbauan Kepala Kejaksaan Negeri Langkat Wahyu Sabrudin SIP SH MH soal antisipasi virus corona.

Langkat, hetanews.com - Antisipasi virus corona (COVID-19) Kejaksaan Negeri Kabupaten Langkat memperingatkan warga di daerah itu agar mengikuti aturan yang ada, menyangkut situasi sekarang ini dengan adanya wabah penyakit menular atau berbahaya.

Hal itu disampaikan Kepala Kejaksaan Negeri Langkat Wahyu Sabrudin SIP SH MH, di Stabat, Jumat, kepada ANTARA.

Wahyu menjelaskan peringatan kepada warga itu bila tidak mematuhi berbagai ketentuan yang sudah diputuskan oleh pemerintah pusat maupun pemerintah daerah soal pemberantasan penyakit menular.

Seperti terdapat di dalam Pasal 14 ayat 1 UU Nomor 4/1984 tentang wabah penyakit menular, bila menghalangi pelaksanaan penanggulangan wabah diancam pidana penjara 1 tahun dan atau denda Rp 1.000.000, katanya.

Selanjutnya berbagai pasal lainnya juga ada tentang hal itu diantaranya Pasal 14 ayat 2 UU Nomor 4/1984, tentang wabah penyakit menular.

Juga terdapat di dalam Pasal 93 ayat 2 UU Nomor 6/2018 tentang kesehatan, Pasal 212 KUHP, Pasal 214 KUHP, Pasal 216 ayat 1 KUHP, Pasal 218 KUHP, katanya.

"Untuk itu masyarakat Langkat diharapkan agar mematuhi berbagai ketentuan yang sudah dilakukan, agar penyakit menular ini bisa secepatnya diantisipasi, bila ada yang menghalangi maka ada ancaman pidananya," ujarnya.

Sumber: antaranews.com 

Editor: suci.

Ikuti Heta News di Facebook, Twitter, Instagram, YouTube, dan Google News untuk selalu mendapatkan info terbaru.