HETANEWS

Rapat Hefriansyah Via Teleconference Terkesan Dipaksakan

Rapat lintas OPD melalui teleconference Walikota Hefriansyah. [foto: Protokoler]

Siantar, hetanews.com - Walikota Hefriansyah menggelar rapat teleconference pertama setelah menjalani status Orang dalam pengawasan [ODP] terkait risiko Covid 19. Namun rapat terksesan dipaksakan sebab peserta rapat duduk berdekatan.

Walikota Hefriansyah via teleconference dari rumah dinasnya di Jalan MH Sitorus, Kamis (26/3/2020). Sementara Pj Sekda Kusdianto dan para kepala organisasi perangkat daerah menyaksikan dari ruang data Balai kota Pematangsiantar. 

Rapat hanya membahas rencana Pemko Pematangsiantar mengerahkan empat mobil pemadam kebakaran untuk menyemprot cairan disinfektan untuk mencegah penyebaran virus Corona. 

Rapat pun diikuti puluhan Pejabat di teras Pemko Pematangsiantar duduk berdekatan satu sama lain. Sementara Pemerintah mengimbau warganya untuk tidak berkumpul dan menerapkan sosial distancing atau phycical distancing untuk mencegah penularan Virus corona.

"Itu terkesan dipaksakan. Rapat yang digelar itu sudah melanggar aturan sendiri, katanya sosial distancing, jara jarak, masyarakat dilarang berkumpul. Rapat itu sudah dihadiri puluhan orang dan duduknya berdekatan. Kelihatan pencitraan saja," ketus A Nainggolan, warga Pematangsiantar.

Terlepas dari penilaian itu, rapat tersebut disinyalir melanggar Surat edaran Menpan RB No 19 Tahun 2020 tentang penyesuaian sistim kerja ASN dalam upaya pencegahan penyebaran covid 19 di lingkungan instansi pemerintah.

"Seluruh penyelenggaraan tatap muka yang menghadirkan banyak peserta baik di lingkungan instansi pusat maupun instansi daerah agar ditunda atau dibatalkan."

"Apabila berdasarkan organisasi yang sangat tinggi harus diselenggarakan rapat dan atau kegiatan lainnya di kantor agar memperhatikan jarak aman antara peserta rapat atau social distancing," dikutip dari Surat Menpan RB.

Penulis: gee. Editor: edo.

Ikuti Heta News di Facebook, Twitter, Instagram, YouTube, dan Google News untuk selalu mendapatkan info terbaru.