HETANEWS

Kejari Simalungun bersama PN dan Lapas Sidangkan Perkara Pidana Secara Online

Posisi terdakwa di Lapas, didampingi jaksa. (foto/ay)

Simalungun, hetanews.com - Sesuai arahan Jaksa Agung RI, dalam menghadapi situasi pandemi Covid-19, Kejari Simalungun melaksanakan sidang secara online, melalui sarana vidcon, dengan pihak PN Simalungun dan Lapas Klas IIA Pematangsiantar.

Demikian dikatakan Kajari, Gloria Sinuhaji, melalui Kasi Intel, Rudi Sagala, kepada wartawan, Kamis (26/3/2020), di kantornya.

Hal ini sekaitan himbauan pemerintah untuk melakukan social distancing dalam menghadapi pandemic global. "Kita tidak bisa bekerja dari rumah, tapi setidaknya bisa dari kantor melalui sarana vicon,"jelas Rudi. Senada dengan pengadilan yang tetap dan harus melaksanakan proses persidangan, karena masa penahanan ada limitnya. Jika tidak disidangkan, dikhawatirkan akan keluar demi hukum karena waktu terus berjalan, ungkapnya.

Faktanya, teknis persidangan jarak jauh seperti ini dapat dilaksanakan dengan baik tanpa kendala. Apalagi antara kejaksaan, Lapas dan Pengadilan, mempunyai pemikiran yang sama dan guna mendukung upaya pemerintah dalam pencegahan penyebaran Covid-19.

Sehingga tahanan yang akan disidangkan  tidak harus dibawa ke luar dari Lapas, cukup di tempatnya saja. Karena kesehatan warga binaan juga sangat penting. Jangan sampai mereka terinfeksi virus corona, katanya. Ke-3 lembaga ini cukup serius dalam mensterilkan lingkungan kerjanya.

Menurut Rudi, jadwal persidangan, Kamis (26/3/2020), ada agenda pembacaan  putusan 4 perkara, tuntutan 3 perkara, saksi 3 perkara, baca dakwaan 4 perkara. Untuk keterangan saksi, hadir di kantor kejaksaan dan diambil sumpahnya oleh hakim dari pengadilan.

"Tidak ada kendala selama proses vidcon berjalan, gambar dan suara jelas.  Kita mempergunakan genset jika mati lampu. Persidangan online akan dilaksanakan secara vidcon sampai bencana Covid 19 dianggap selesai,”jelas Sagala.

Penulis: ay. Editor: gun.

Ikuti Heta News di Facebook, Twitter, Instagram, YouTube, dan Google News untuk selalu mendapatkan info terbaru.