HETANEWS.COM

Punya Sertifikat, 1 Orang Pulang Dari Hongkong Pergi Ke Siborong-borong

Siantar, hetanews.com - Jumlah ODP terkait resiko Covid 19 bertambah di Puskesmas Kesatria, Kecamatan Siantar Timur. Satu diantaranya punya riwayat perjalanan dari Hongkong. Kini berada di Siborong-borong Kabupaten Tapanuli Utara. 

Kepala Puskesmas Kesatria, Renasti Bakkara, mengatakan jumlah ODP dari data Puskesmas berjumlah 5 orang warga Pematangsiantar. 4 diantaranya punya riwayat perjalanan dari Jakarta dan Palembang. Sementara 1 orang pulang dari Hongkong dan tiba di Pematangsiantar pada Sabtu 21 Maret 2020 lalu.

"Setelah petugas mendatangi rumahnya, yang bersangkutan sudah di Siborong-borong. Hari Sabtu ini katanya balik ke Pematangsiantar," kata Renasti dihubungi, Kamis (26/3/2020).

Informasi yang dihimpun dari keluarga, yang bersangkutan dikatakan memiliki sertifikat keterangan sehat dari pemerintah Hongkong. Rencananya setelah tiba di Pematangsiantar akan disuruh untuk isolasi mandiri.

"Pihak keluarga bilang yang bersangkutan punya sertifikat  sehat dari Hongkong. Meski begitu setelah pulang kita himbau agar mengisolasi diri," jelasnya. 

Sebelumnya, pada Kamis pagi tadi warga berbondong-bondong mendatangi sebuah rumah warga di Jalan Ahmad Yani, Kelurahan Asuhan Siantar Timur. Informasi dihimpun, kedatangan warga terkait satu orang warga pulang dari Cina. 

Renasti Bakkara memastikan bahwa informasi kedatangan warga bukan dari Cina tidak benar. Namun dirinya tak menampik ada warga dari Hongkong. 

Terpisah, Juru bicara penangan Covid 19 Pematangsiantar, Midian Sianturi, mengaku belum mengetahui informasi tersebut. "Saya belum tau, belum ada informasi terbaru, nanti ya," ujarnya dihubungi, Kamis sore. 

Belum dipastikan jumlah 5 ODP di Puskesmas Kesatria masuk dalam data  keseluruhan ODP di Pematangsiantar. 

Informasi yang dihimpun Kamis Siang pukul 11.00 WIB, Posko tim koordinasi pencegahan Corona Virus Disease atau Covid 19 Pemko Pematangsiantar, mencatat 270 ODP [Orang Dalam Pengawasan], 0 PDP [Pasien Dalam Pengawasan], Pasien Negatif 1 dan Pasien Positif 0. 

Penulis: huget. Editor: edo.

Daftarkan diri Anda sebagai anggota Heta News untuk selalu mendapatkan buletin berita populer langsung di kotak surat elektronik Anda!

Berlangganan

Daftarkan diri Anda sebagai anggota Heta News untuk selalu mendapatkan buletin berita populer langsung di kotak surat elektronik Anda!

Berlangganan