HETANEWS

Antisipsi Covid-19, PN Simalungun Gelar Sidang Pidana dengan Cara Online

Ujicoba sidang pidana jarak jauh di ruang sidang Tirta PN Simalungun, bisa melihat situasi terdakwa di Lpas dan jaksa di Kejari Simalungun. (foto/ay)

Simalungun, hetanews.com - Pengadilan Negeri (PN) Simalungun, Kejaksaan Negeri (Kejari) Simalungun dan Lapas, sepakati sidang pidana digelar secara online.

Terdakwa tetap berada di Lapas, sedangkan Jaksa berada di kantornya, bersama saksi (jika agenda mendengarkan keterangan saksi). Sementara hakim, tetap di ruang sidang, bersama pengacara, jika perkara ada didampingi pengacara.

Demikian pengamatan wartawan, Kamis (26/3/2020), di Pengadilan Negeri (PN) Simalungun, jalan Asahan Km 4,5.

Tampak di ruang sidang Tirta, sudah terpasang sambungan jarak jauh, seperti vidio conference (Vicon) yang menghubungkan Pengadilan, Kejaksaan dengan Lapas.

Kajari Simalungun, Gloria Sinuhaji yang dikonfirmasi melalui pesan WA, siang tadi, membenarkan, jika persidangan akan digelar secara online. Hal senada juga dibenarkan Kalapas, melalui Humas, Hiras Silalahi dan Ketua PN Simalungun, A Hadi Nasution.

Melalui satu alat, jaksa, hakim dan terdakwa bisa menjalankan sidang sesuai jadwal. (foto/ay)

Cara ini termasuk dukungan terhadap pemerintah dalam pelaksanaan social distancing, guna mengantisipasi penyebaran corona virus disease 19 (Covid-19), yang melanda negeri ini.

Dengan teknis seperti ini, tahanan yang akan disidangkan tidak perlu lagi keluar dari Lapas untuk dibawa ke pengadilan, jelas Hadi.

Sedangkan untuk perkara perdata sudah lama dilakukan Siten e-court, antara penggugat dan tergugat tidak perlu hadir di persidangan. Semua dilakukan dengan sistem online dari mulai pendaftaran hingga jawab menjawab antara penggugat dan tergugat. Hanya untuk mendengarkan keterangan saksi-saksi, baru disidangkan secara manual di ruang sidang, ungkapnya.

Sedangkan ruang jaksa sidang melalui vicon dibuat di ruang aula kantor itu. Dengan harapan, Covid-19 cepat berlalu dan sistem kembali seperti sedia kala.

Penulis: ay. Editor: gun.

Ikuti Heta News di Facebook, Twitter, Instagram, YouTube, dan Google News untuk selalu mendapatkan info terbaru.