HETANEWS.COM

Antisipasi Corona, Dermaga Jaring Halus Langkat Pasang Wastafel

Wastafel yang berada di dermaga Desa Jaring Halus Kecamatan Secanggang Langkat.

Langkat, hetanews.com - Antisipasi penyebaran COVID-19, dermaga Desa Jaring Halus, Kecamatan Secanggang, Kabupaten Langkat, telah dipasang satu tempat cuci tangan (wastafel portable) dengan kapasitas 350 liter air.

"Wastafel itu diperuntukkan buat masyarakat yang datang melalui dermaga dan meninggalkan dermaga," kata Kepala Desa Jaring Halus Secanggang H Usman S.Pd, di Jaring Halus, Kamis.

Dimana wastafel portable atau tempat mencuci tangan itu dipasang di dermaga sebagai antisipasi penyebaran COVID-19, karena dermaga merupakan fasilitas umum tempat bersandarnya kapal motor penumpang yang merupakan transport utama bagi penduduk desanya maupun para pedagang dari luar desa.

"Pembangunan satu unit wastafel portable ini dibiayai oleh dana desa," katanya.

Dimana setiap hari ratusan orang berinteraksi di dermaga baik yang datang melalui dermaga tersebut maupun yang meninggalkan desa.

Karena itulah fasilitas cuci tangan itu dipasang di dermaga, untuk digunakan para penumpang kapal yang datang biasanya para pedagang begitu mereka naik di dermaga diimbau untuk mencuci tangan, begitu juga bagi mereka yang akan meninggalkan desa sebelum naik ke kapal diimbau untuk mencuci tangan," katanya.

"Proses pengerjaannya cepat karena portable, hanya memasang selang dan pipa saja kemudian diarahkan ke saluran air terdekat," sambungnya.

Nantinya, wastafel ini akan dipasang secara permanen sehingga bisa berjangka panjang dan dimanfaatkan semaksimal mungkin oleh masyarakat.

Oleh karena itu, ia berharap agar warga bisa menjaga diri masing-masing melalui cara yang paling sederhana seperti cuci tangan. Kepedulian dan kesadaran masyarakat sangat membantu upaya pencegahan penyebaran virus ini.

Percuma disediakan wastafel kalau tidak digunakan. seraya berharap kepada masyarakat untuk bersama-sama menjaga wastafel ini dengan baik. Menggunakan sebaik mungkin fasilitas ini dan ikut menjaganya.

Ia juga menjelaskan sudah menyampaikan himbuan seperti menghindari kegiatan ataupun tempat-tempat keramaian, menggunakan masker, tidak keluar rumah jika tidak ada kepentingan yang sangat perlu dan jangan panik dengan situasi sekarang ini, sesering mungkin mencuci tangan dengan sabun atau membersihkan dengan hand sanitezer.

Sumber: antaranews.com 

Editor: suci.

Daftarkan diri Anda sebagai anggota Heta News untuk selalu mendapatkan buletin berita populer langsung di kotak surat elektronik Anda!

Berlangganan

Daftarkan diri Anda sebagai anggota Heta News untuk selalu mendapatkan buletin berita populer langsung di kotak surat elektronik Anda!

Berlangganan

Aplikasi Heta News sudah tersedia di Google Play Store. Silakan pasang di ponsel pintar Anda!