HETANEWS.COM

Cegah Warga Keluyuran, Pemkab Deli Serdang Diminta Bagikan Sembako Gratis

Deli Serdang, hetanews.com - Pemkab Deli Serdang diminta membagikan sembako gratis ke rumah-rumah warga. Hal ini demi mencegah warga keluyuran di luar rumah dan memperkecil potensi penyebaran virus Corona atau COVID-19.

"Pemerintahan telah mengimbau kepada siapa pun baik masyarakat untuk 'stay at home' minimal untuk 14 hari ke depan," ujar Ketua DPRD Deli Serdang Zakky Shahri, Rabu (25/3/2020).

"Saya sebagai Ketua DPRD Deli Serdang meminta, baik melalui pemerintah pusat, provinsi, maupun kabupaten agar memberikan sembako gratis dengan disalurkan secara langsung ke rumah-rumah penduduk, khususnya untuk masyarakat Deli Serdang," sambungnya.

Zakky menilai kebijakan tersebut bisa mengurangi potensi warga keluar rumah. Dia menyebut masyarakat dengan tingkat ekonomi menengah ke bawah menjadi yang paling terkena dampak kebijakan pencegahan Corona.

"Bila solusi untuk di rumah dilakukan, mestinya ada juga pemerintah memberikan kompensasi berupa sembako gratis," ucapnya.

Ketua Fraksi NasDem DPRD Deli Serdang, Legimun, mengatakan pihaknya sudah menyarankan agar Pemkab memberi bantuan. Legimun menilai bantuan yang tepat saat ini adalah jaminan biaya agar warga tak ragu berobat dan memeriksakan diri jika sakit.

"Kalau saya, bantuan itu ya untuk kesehatan masyarakat supaya ya kalau dia berobat ya gratis, supaya memeriksakan diri. Sudah dianjurkan bupati juga, supaya memeriksakan diri," tuturnya.

Dia juga menyebut sudah ada langkah pencegahan yang dilakukan Pemkab. Salah satunya dengan penyemprotan disinfektan di kantor-kantor pemerintah yang menjadi pusat pelayanan bagi warga.

"Waktu itu sudah ada penyemprotan di sekitar kantor-kantor pemerintah," ucap Legimun.

sumber: detik.com

Editor: sella.

Daftarkan diri Anda sebagai anggota Heta News untuk selalu mendapatkan buletin berita populer langsung di kotak surat elektronik Anda!

Berlangganan

Daftarkan diri Anda sebagai anggota Heta News untuk selalu mendapatkan buletin berita populer langsung di kotak surat elektronik Anda!

Berlangganan

Aplikasi Heta News sudah tersedia di Google Play Store. Silakan pasang di ponsel pintar Anda!