HETANEWS

Pewaris Takhta Inggris Pangeran Charles Positif Virus Corona

Ratu Inggris, Pangeran Charles, Pangeran William, dan Pangeran George sedang mempersiapkan puding Natal khusus di Ruang Musik di Istana Buckingham, sebagai bagian dari peluncuran inisiatif Bersama Kerajaan Inggris Legiun Bersama pada Natal di London, Inggris. Foto: Reuters

Hetanews.com - Pangeran Charles, putra Ratu Elizabeth II dan pewaris takhta Inggris, telah dinyatakan positif mengidap virus corona dan sekarang mengasingkan diri di Skotlandia. Pangeran Wales itu hanya menunjukkan gejala ringan dan dalam keadaan sehat, menurut Clarence House dalam sebuah pernyataan, dikutip CNN.

Tidak diketahui bagaimana pria berusia 71 tahun itu tertular virus corona karena jadwal sibuknya di acara-acara publik dalam beberapa pekan terakhir. Istana Buckingham mengatakan, sang Ratu tetap dalam “kesehatan yang baik”.

Selasa lalu, Istana mengatakan ratu berusia 93 tahun itu membatalkan acara publik “sebagai tindakan pencegahan yang masuk akal”, dan dia serta suaminya, Pangeran Philip yang berusia 98 tahun, pindah ke Kastil Windsor pada Kamis, seminggu lebih awal dari yang direncanakan. Dia diharapkan untuk tinggal di sana selama periode Paskah.

Dalam sebuah pernyataan yang dikeluarkan oleh Istana ketika mereka pindah ke Windsor, Ratu mengatakan dunia sedang memasuki “periode yang sangat mengkhawatirkan dan ketidakpastian”, dan memperingatkan bahwa banyak yang perlu “menemukan cara-cara baru untuk tetap berhubungan satu sama lain dan memastikan bahwa orang yang dicintai aman.” Dia berkata bahwa dia dan keluarganya siap memainkan peran mereka.

Presiden AS Donald Trump, Ibu Negara Melania Trump, Ratu Inggris Elizabeth, Pangeran Wales Charles, dan Duchess of Cornwall Camilla, berpose pada Perjamuan Kenegaraan di Istana Buckingham di London, Inggris, 3 Juni 2019.
Foto: Reuters/Alastair Grant

Sang Ratu terakhir bertemu Pangeran Charles secara singkat setelah upacara penobatan untuk penghargaan publik di Istana Buckingham di London pada 12 Maret. Seorang juru bicara Istana mengatakan, dia “mengikuti semua saran yang sesuai berkenaan dengan kesehatannya.”

Menyusul peristiwa itu, Pangeran Charles mengadakan sejumlah pertemuan pribadi dengan individu Highgrove dan Duchy, yang semuanya telah mengetahui situasi tersebut, menurut PA Media.

Istri Pangeran Charles Camilla, Duchess of Cornwall, telah diuji dan tidak terjangkit virus corona, menurut pernyataan dari Clarence House, dilansir dari CNN.

Bunyinya: “Pangeran Wales telah dites positif mengidap virus corona. Dia telah menunjukkan gejala-gejala ringan tetapi dinyatakan tetap sehat dan telah bekerja dari rumah selama beberapa hari terakhir seperti biasa.”

“Duchess of Cornwall juga telah diuji tetapi tidak terinfeksi virus corona. Sesuai dengan saran pemerintah dan medis, Pangeran dan Duchess sekarang melakukan isolasi sendiri di rumah di Skotlandia. Tes tersebut dilakukan oleh NHS di Aberdeenshire di mana mereka memenuhi kriteria yang diperlukan untuk pengujian.”

“Sulit untuk memastikan dari siapa Pangeran menangkap virus corona karena banyaknya keterlibatan yang dia lakukan dalam peran publiknya selama beberapa minggu terakhir.”

Pangeran Charles adalah anak tertua Ratu Elizabeth dan Pangeran Philip, Duke of Edinburgh. Sebagai seseorang yang berusia lebih dari 70 tahun, ia dianggap berisiko lebih tinggi daripada rata-rata untuk virus corona.

Awal bulan ini, kantornya mengatakan dia belum mengisolasi diri karena pemerintah Inggris dan saran medis pada saat itu tidak menyarankan mereka yang berusia lebih dari 70-an untuk melakukannya.

Pada 13 Maret, Pangeran Charles dan istrinya mengumumkan bahwa mereka membatalkan tur musim semi mereka karena pandemi virus corona yang meningkat. Pasangan itu telah berencana untuk mengunjungi Bosnia dan Herzegovina, Siprus, dan Yordania, CNN melaporkan.

Sumber: matamatapolitik.com

Editor: tom.

Ikuti Heta News di Facebook, Twitter, Instagram, YouTube, dan Google News untuk selalu mendapatkan info terbaru.