HETANEWS

Navicula Sebarkan Pesan Positif Di Video Lagu Bertemakan Nyepi Berkaitan Dengan Wabah COVID-19

Navicula. Foto: Instagram.com/@naviculamusic

Hetanews.com - Navicula baru saja merilis video klip untuk single ‘Saat Semua Semakin Cepat, Bali Berani Berhenti’. Lagu ini bertemakan upacara keagamaan yaitu Nyepi serta memiliki pesan yang sangat kuat berkaitan dengan merebaknya virus Corona/COVID-19.

Navicula menjelaskan dalam akun Instagram resminya bahwa hari Nyepi menjadi momen istimewa dimana Bali ‘menghentikan semua aktivitas selama 24 jam’.

Warga Bali diminta untuk melakukan Tapa Catur Brata Penyepian di mana semua orang melakukan Amati Geni yang berarti hemat energi, Amati Karya (Tidak bekerja mencari nafkah), Amati Lelungan atau tidak bepergian dan Amati Lelanguan alias tidak menghibur diri secara berlebihan.

Hal ini seperti kebijakan pemerintah untuk melakukan ‘social distancing’ atau gerakan #DiRumahAja demi mencegah penyebaran virus Corona.

“Bali saat ini turut berjuang menahan laju penyebaran virus Covid19. Ada banyak sekali pelajaran yang kita bisa ambil dari kebijakan lokal dan pengetahuan setempat untuk membantu perjuangan ini. Salah satunya adalah belajar dari Hari Nyepi. Hari dimana seluruh pulau, selama 24 jam, di lockdown; diminta untuk melakukan Tapa Catur Brata Penyepian: Amati Geni: Hemat energi
Amati Karya: Tidak bekerja mencari nafkah (Cuti)
Amati Lelungan: Tidak bepergian (#dirumahaja)
Amati Lelanguan: Tidak berpesta/berfoya-foya/menghibur diri secara berlebihan,” tulis Gede Robi, vokalis Navicula.

Navicula berharap melalui Nyepi ini membuat semua warga di Bali terbiasa dengan anjuran untuk gerakan #DiRumahAja demi mencegah merebaknya virus Corona.

“Bali, lewat Nyepi, telah ada pengalaman bertahun-tahun melakukan ini. Maka, anjuran untuk gerakan #dirumahaja sudah seharusnya bukan hal yang asing bagi warga Bali, karena hal ini sudah ada di gen dan darah warga Bali yang sudah melakukan ini setiap tahun,” tulisnya.

Banyak pesan positif yang dituangkan dalam penjelasan lagu ini terutama di masa krisis yang terjadi tak hanya di Indonesia namun seluruh dunia. Navicula berharap banyak hal yang bisa dipetik dari Nyepi terutama untuk mengendalikan diri hingga semuanya pulih kembali.

“Kami mengabadikan momen-momen itu agar kita mengingat bahwa kita makhluk sosial, dan solusi dari masalah berat ini adalah apabila kita menjaga kemanusiaan dan kepedulian kita pada sesama.

Sekarang, dalam situasi darurat ini, social distancing (menjaga jarak) adalah bentuk kepedulian kita kepada sesama. For a greater good. Untuk sementara saja,” tulisnya.

Sumber: matamatamusik.com

Editor: tom.

Ikuti Heta News di Facebook, Twitter, Instagram, YouTube, dan Google News untuk selalu mendapatkan info terbaru.