HETANEWS

Presiden Jokowi Akan Ikuti KTT Luar Biasa G20, Bahas Penanganan Pandemi COVID-19

Hetanews.com - Di tengah pandemi global virus corona (COVID-19) negara-negara perekonomian terbesar yang tergabung dalam kelompok G20 akan menggelar Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Luar Biasa secara virtual untuk membahas penyakit yang telah menewaskan lebih dari 18.000 orang itu.

KTT Luar Biasa yang akan dipimpin Raja Arab Saudi Salman bin Abdulaziz yang saat ini memegang Presidensi G20 itu akan diselenggarakan pada 26 Maret 2020. KTT ini diharapkan dapat menghasilkan pernyataan bersama dari negara-negara anggota terkait pandemi global COVID-19

Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo (Jokowi) akan turut berdiskusi secara online dengan para pemimpin negara anggota G20 dan organisasi internasional terkait diantaranya PBB, WHO, Bank Dunia dan IMF. Masalah yang dibahas mulai dari penanganan krisis pandemik, tetapi juga dampak ekonomi dan sosial yang berpengaruh pada global supply-chain.

Partisipasi Presiden RI juga dimaksudkan untuk mendorong solidaritas global yang memerlukan aksi bersama dan terkoordinasi, seperti kepentingan untuk kebutuhan akses dan keterjangkauan peralatan kesehatan dan vaksin.

Bagi Indonesia dan negara berkembang lainnya, dukungan pendanaan dalam mekanisme bilateral, regional ataupun multilateral secara global perlu didukung dengan peningkatan kerja sama internasional dalam memerangi COVID-19 dan segala dampak ekonomi dan sosialnya.

sumber: okezone.com

Editor: bt.