HETANEWS

Penderita Corona di Rusia akan Dipantau Lewat Sinyal Ponsel

Pemerintah Rusia menyiapkan rencana memantau kontak warga dengan penderita infeksi virus corona (COVID-19). Konsep yang disampaikan Perdana Menteri Mikhail Misthusin itu menggunakan aplikasi maupun sistem notifikasi, berdasar data geolokasi pada ponsel setiap warga.

Sistem itu bisa memberi informasi kepada warga, bahwa mereka telah melakukan kontak dengan penderita virus corona. Informasi yang sama akan dikirimkan kepada otoritas khusus yang bertugas untuk menyiapkan langkah penanganan pandemi COVID-19 di wilayahnya.

Konsep ini menurut pemerintah Rusia masih sesuai dengan koridor aturan perlindungan privasi warga setempat. Terlebih upaya ini dilakukan sebagai langkah menangani penyebaran virus corona di negara tersebut.

Kementerian Komunikasi Rusia juga menyebut warga positif COVID-19 akan mendapat notifikasi tersendiri terkait langkah isolasi mandiri seperti dilansir dari laman Reuters.

Rusia secara bertahap mengeluarkan aturan ketat mengenai keharusan warganya melakukan karantina serta meningkatkan kapasitas pelayanan kesehatan untuk merespons lebih banyak kasus.

Begitu juga penutupan pintu masuk untuk kedatangan warga asing sementara waktu selama periode pandemi ini.

Di tingkat daerah, Walikota Moscow, juga sudah menganjurkan warga berusia lanjut serta memiliki riwayat penyakit kronis untuk tidak meninggalkan rumah.

Rusia sejauh ini mengonfirmasi temuan 438 kasus positif tertular virus corona dengan satu orang pasien meninggal dunia.

sumber: okezone.com

Editor: bt.

Ikuti Heta News di Facebook, Twitter, Instagram, YouTube, dan Google News untuk selalu mendapatkan info terbaru.