HETANEWS

Jokowi Center Berencana Luncurkan Alat Pendeteksi Gejala Covid-19

Alat pendeteksi gejala virus corona (COVID-19) yang bernama Eyeview Temperature Scanner (ETS). Foto: ANTARA/HO- The Jokowi Center

Hetanews.com - Melalui keterangan tertulis di Meulaboh, Selasa (24/3/2020), Direktur Eksekutif The Jokowi Center Teuku Neta Firdaus mengatakan bahwa pihaknya berencana akan meluncurkan alat pendeteksi gejala virus corona yang dinamai Eyeview Temperature Scanner (ETS).

“ETS ini adalah salah satu alat pendeteksi suhu tubuh terbaik dan terbaru di dunia, dapat mengetahui gejala COVID-19, karena menggunakan kecerdasan buatan (artificial intelligence) dengan metode tanpa bersentuhan (non-contact),” kata Teuku Neta.

Alat itu berbentuk seperti Closed Circuit Television (CCTV) yang memiliki fungsi untuk mendeteksi dan melacak dengan cepat suhu badan manusia. Teuku Neta mengklaim bahwa alat tersebut sangat efektif memeriksa seseorang yang mengalami gejala Covid-19.

“Suhu badan akan terdeteksi secara otomatis dengan baik dan akurat ketika ada orang berjalan di depan alat CCTV-ETS, hanya butuh 0,030 detik saja alat ini dapat mendeteksi 16 orang dalam waktu bersamaan, tidak perlu lagi scanning check satu persatu seperti yang selama ini dilakukan,” katanya.

Menurutnya, alat tersebut sangat cocok digunakan di tempat ibadah, kantor, hotel, sekolah, stasiun, rumah-sakit, mall dan tempat keramaian lainnya.

“ETS Center akan bekerja sama dengan The Jokowi Center untuk melakukan sosialisasi kepada masyarakat,” tuturnya.

“The Jokowi Center akan berupaya maksimal supaya launching ETS bisa dipercepat, insyaAllah akan dilaksanakan pada bulan April 2020. Penggunakan alat ini lebih mudah, cepat dan akurat mendeteksi gejala covid-19 di seluruh wilayah Indonesia,” tutupnya.

Sumber: indozone.id

Editor: tom.

Ikuti Heta News di Facebook, Twitter, Instagram, YouTube, dan Google News untuk selalu mendapatkan info terbaru.