HETANEWS

Polisi dan Satpol PP Imbau Warga Agar Tinggal di Rumah

Warga yang nongkrong di speputaran parkir Pariwisata Jalan Merdeka dihimbau membubarkan diri, Selasa (24/3/2020) [foto:pr Pemko Siantar]

Siantar, hetanews.com - Pemko Pematangsiantar terus melakukan upaya memutus rantai penyebaran Corona Virus Disease (Covid-19).  Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) bekerja sama dengan Polres Pematangsiantar berkeliling pusat kota untuk mengimbau warga yang masih berkumpul-kumpul agar membubarkan diri dan pulang ke rumah masing-masing.

Kegiatan dimulai dengan apel kesiapan dipimpin Kabag Ops Polres Pematangsiantar Kompol Boston Situmorang di Mapolres, Selasa (24/3/2020) malam sekira pukul 21.00 WIB. Selanjutnya, pasukan bergerak ke Lapangan Merdeka (Taman Bunga), sepanjang Jalan Merdeka, Pasar Horas, Jalan Vihara, dan Jalan Pane.

Di tempat-tempat yang masih banyak warga berkumpul, mereka mengimbau agar membubarkan diri dan pulang ke rumah. Kegiatan tersebut berakhir sekira pukul 23.30 WIB.

Kepala Satpol PP Pematangsiantar Robert Samosir mengatakan, kegiatan tersebut dilakukan dalam rangka memutus rantai penyebaran Covid-19.

"Sebagaimana yang telah diinstruksikan walikota, kami dari Satuan Polisi Pamong Praja akan tetap melaksanakan tugas patroli dan memberikan imbauan kepada pengusaha/pemilik tempat hiburan, kafe, arena permainan, warnet, termasuk restoran untuk menutup segala kegiatan sementara waktu," terang Robert.

Masih kata Robert, apabila kebijakan tersebut tidak bisa dimaklumi oleh para pengusaha, maka Pemko Pematangsiantar akan mengambil tindakan tegas. "Kita harapkan di Kota Pematangsiantar tidak ada masyarakat yang positif Covid-19," sebutnya.

Sementara Kabag Ops Polres Pematangsiantar Kompol Biston Situmorang mengatakan, kegiatan tersebut dilakukan guna mengimbau masyarakat tidak berkumpul-kumpul atau membuat keramaian di suatu tempat. Sebab dikhawatirkan bisa terjadi penyebaran Covid-19. 

"Kegiatan speerti tadi akan terus kita laksanakan step by step ke seluruh pelosok Kota Pematangsiantar, agar mereka tahu bahwa berkumpul-kumpul akan mempermudah penyebaran virus Corona. Kami mengimbau kepada masyarakat agar berdiam diri di rumah  bersama keluarga. Itu lebih bagus untuk mencegahnya penyebarannya," terang Boston.

Boston juga mengimbau para orangtua yang anaknya masih bersekolah, agar di masa belajar di rumah seperti sekarang ini, anak-anaknya tetap di rumah untuk belajar.

"Jangan biarkan anak-anaknya keluar rumah untuk berkumpul-kumpul. Semoga hal ini bisa diterima masyarakat dan paham akan situasi saat ini," harapnya. [Rel]

Editor: edo.

Ikuti Heta News di Facebook, Twitter, Instagram, YouTube, dan Google News untuk selalu mendapatkan info terbaru.