HETANEWS

Bupati Karawang Positif Corona Ikut Kongres PD, Kader Diminta Tes

Foto: Kongres Partai Demokrat (Agung Pambudhy/detikcom)

Jakarta, hetanews.com - Bupati Karawang Cellica Nurrachdiana positif terinfeksi virus Corona. Cellica yang diketahui merupakan Majelis Tinggi Partai Demokrat ikut kongres partai yang memantapkan Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) sebagai ketum baru. Seluruh kader Demokrat diminta menjalani tes pemeriksaan virus Corona.

"Setelah Ibu Cellica dinyatakan positif COVID-19, semua kader yang berinteraksi diwajibkan memeriksakan diri," kata politikus Demokrat Andi Arief dalam keterangan tertulis, Selasa (24/3/2020).

"Kami mendengar Ibu Cellica Bupati Karawang, anggota Majelis Tinggi Partai Demokrat positif COVID-19, mudah-mudahan beliau bisa ditangani hingga sembuh. Menurut Ibu Cellica yang juga seorang dokter ini, dia tidak bergejala. Tentunya ini perkembangan virus yang mesti diwaspadai," imbuh Andi Arief.

Cellica diketahui mengikuti sidang bersama para petinggi Demokrat saat kongres 15 Maret lalu. Cellica diduga terkena Corona dalam suatu acara di tanggal 9 Maret.

"Ibu Cellica pada tanggal 9 Maret menghadiri acara HIPMI, diperkirakan di acara itu mulai tertular, wallahualam. Pada tanggal 15 Ibu Cellica hadir acara kongres Partai Demokrat sebagai pimpinan sidang bersama beberapa pengurus Demokrat lainnya seperti Bapak Mangindaan, Bapak Syarief Hasan, Mas Ibas, Benny K Harman," jelas Andi Arief.

Meski demikian, Andi Arief menyebut tak ada kontak fisik antara Cellica dan petinggi Demokrat lainnya. Ini karena Demokrat mengikuti protokol COVID-19 yang berlaku.

"Tetapi dalam acara tersebut kami menggunakan standar para dokter yang ditunjuk sesuai SOP yang ada dan dalam pengawasan Dinkes/Pemda DKI tidak ada sentuhan tangan. Bahkan sebelumnya ada pemeriksaan ketat suhu dan melakukan cuci tangan berulang kali sesuai standar," sebut Andi.

Andi berpesan kepada seluruh kader Demokrat untuk memeriksakan diri meski tak ada bersentuhan fisik dengan Cellica. Dia berharap semua kader Demokrat sehat.

"Untuk itu Partai Demokrat sudah menginstruksikan kader-kadernya yang meski tidak bersentuhan tangan namun ada interaksi di luar batas-batas yang ditetapkan sebelumnya dengan Ibu Cellica untuk segera melakukan pemeriksaan, meski sampai hari ini, 11 hari dari kongres kami belum mendapatkan laporan khusus tentang kader yang tertular COVID-19," jelas Andi.

"Mudah-mudahan seluruh kader dalam keadaan sehat dan paling penting segera periksa di rumah sakit yang ditunjuk sesuai arahan Ketua Umum Agus Harimurti Yudhoyono kemarin," imbuh dia.

sumber: detik.com

Editor: gun.

Ikuti Heta News di Facebook, Twitter, Instagram, YouTube, dan Google News untuk selalu mendapatkan info terbaru.