HETANEWS.COM

Sel Tahanan Lapas Siantar Disemprot Disinfektan

Sel tahanan Lapas Siantar tampak disemprot disinfektan. (foto/ay)

Simalungun, hetanews.com - Seluruh ruang hunian sel tahanan warga binaan pemasyarakatan (WBP), disemprot disinfektan, guna mengantisipasi penyebaran virus corona  (Covid - 19) yang melanda negeri ini. Penyemprotan dilakukan sejak Senin hingga Selasa (23-24 Maret 2020).

Penyemprotan cairan disinfektan tersebut, dilakukan bertahap.

Pada Senin kemari, seluruh ruang kantor, aula, rumah ibadah dan ruang pertemuan. Dilanjutkan Selasa, seluruh sel hunian yang dihuni WBP atau napi.

Hal itu dijelaskan Kalapas, Porman Siregar, melalui Humas Lapatar (Lembaga Pemasyarakatan Siantar), Hiras Silalahi, ketika dikonfirmasi wartawan, Selasa siang tadi.

Pihaknya berupaya memberikan yang terbaik untuk warga binaan dan dianjurkan menjaga diri, juga kebersihan lingkungan agar tetap sehat dan terhindar dari segala penyakit.

Menurut Hiras, hal ini juga berdasarkan himbauan pemerintah untuk menjaga lingkungan tetap bersih, sehingga virus tidak datang. Pihak Lapas juga telah menghentikan sementara jam besuk atau waktu kunjungan karena menghindari Covid-19.

Penyemprotan disinfektan oleh petugas Dinas Kesehatan, bekerjasama dengan  tim medis Lapas. Seluruh warga hunian Lapas, diperintahkan keluar dari sel selama penyemprotan dengan tetap mendapatkan pengawalan dari petugas.

Hiras juga menjelaskan, jika sebelumnya telah dilakukan cek kesehatan oleh seluruh petugas dan warga binaan. Menyediakan hand sanitizer dan pengukur suhu tubuh kepada setiap pegawai dan juga WBP yang masih menjalankan persidangan.

"Setiap tahanan yang dijemput petugas untuk dibawa ke pengadilan, guna menjalani persidangan,  dan sekembalinya akan diperiksa suhu tubuhnya dan juga diberikan hand sanitizer,"jelasnya lagi.

Pemerintah juga telah mengumumkan untuk melakukan social distancing, tapi apalah daya kami, karena semua Lapas sudah over kapasitas. Sehingga kami tetap berupaya semaksimal mungkin untuk menjaga kebersihan diri dan lingkungan, ungkap Hiras.

Dengan harapan semua warga binaan terhindar dari Covid-19, dan kita semua turut bekerjasama membantu untuk mengantisipasi penyebaran virus ini, kata Hiras.

Penulis: ay. Editor: gun.

Masukkan alamat E-mail Anda di bawah ini untuk berlangganan artikel berita dari Heta News.

Jangan lupa untuk memeriksa kotak masuk E-mail Anda untuk mengkonfirmasi!

Masukkan alamat E-mail Anda di bawah ini untuk berlangganan artikel berita dari Heta News.

Jangan lupa untuk memeriksa kotak masuk E-mail Anda untuk mengkonfirmasi!