HETANEWS.COM

Divonis 8 Bulan Penjara karena Nipu, Perempuan Ini Menangis

Terdakwa Ilawati ketika digiring petugas, ke sel tahanan dengan keadaan menangis. (foto/res)

Siantar, hetanews.com - Terdakwa Ilawati (36), menangis setelah divonis selama 8 bulan penjara oleh majelis hakim, di Pengadilan Negeri (PN) Siantar, tepatnya di ruang sidang Candra, Selasa (24/3/2020), sekira pukul 14.30 WIB.

Dalam sidang putusan tersebut, majelis hakim yang diketuai Fyhtta Sipayung, dibantu dua anggotanya, Simon C Sitorus dan Rahmad Nasution.

Majelis hakim menyatakan, terdakwa Ilawati terbukti secarah sah dan meyakinkan bersalah, sebagaimana diatur dan diancam pidana pasal 378 KUHP.

Hanya saja, vonis tersebut lebih ringan daripada tuntutan Jaksa Penuntut Umum (JPU), R.O Damanik yang menuntut terdakwa Ilawati, selama 1 tahun penjara.

Diberitakan sebelumnya, berawal pada bulan Maret 2019 lalu, terdakwa mengatakan kepada korban Dewi Melda Saragih, kalau dirinya ingin meminjam uang untuk modal buat koperasi suaminya.

"Mi, usahakanlah uang, aku lagi butuh uang buat Koperasi Pak Hanna, ini investasi dan menghasilkan, nanti aku bayar pertengahan bulan ya mi," ucap Ilawati kepada korban.

Mendengar perkataan dari tersangka, korban yang telah mengenal tersangka selama 3 tahun ini, langsung memercayainya dan memberikan uang sebesar Rp 27 juta, terhitung tertanggal 29 Maret hingga 29 Mei 2019.

Penyerahan uang itu, langsung diberikan kepada korban, di rumah tersangka yang berada di Jalan Kol, Kelurahan Kebun Sayur, Kecamatan Siantar Timur. Namun uang yang dipinjam sebanyak Rp 27.600 tersebut, tidak pernah dikembalikan oleh tersangka, sampai batas waktu yang dijanjikan, yaitu tanggal 9 Juni 2019.

Penulis: res. Editor: gun.
Aplikasi Heta News sudah tersedia di Google Play Store. Silakan pasang di ponsel pintar Anda!