HETANEWS.COM

Kantongi Kaca Pirex, Warga Deliserdang Diancam 5 Tahun Penjara di PN Simalungun

Terdakwa dengan pengacaranya, Harfin saat akan memohon keringanan hukuman. (foto/ay)

Simalungun, hetanews.com - Syahputra (33), warga Desa Limbong, Kecamatan Dolok Merawan, Kabupaten Deliserdang, dituntut 5 tahun penjara, denda Rp800 juta, subsider 6 bulan penjara. Ancaman hukuman itu, dibacakan jaksa Viktor Purba, dalam persidangan terbuka untuk umum, Selasa (24/3/2020), di PN Simalungun.             

Menurut jaksa, terdakwa terbukti memiliki perlengkapan untuk menghisap sabu saat ditangkap polisi.

Polisi juga menyita bong, pipet, kompeng dan kaca pirex yang sudah dibakar berisi sisa sabu.

Perbuatan terdakwa ini, dipersalahkan jaksa dengan pasal 112 (1) UU RI No 35/2009 tentang tanpa hak atau melawan hukum memiliki/menyimpan narkotika jenis sabu.            

Terdakwa ditangkap Polsek Serbelawan, Andi Siregar dkk, pada Selasa, 19 Nopember 2019 lalu, di Simpang Pondok Papan, Nagori Dolok Merangin, Kecamatan Dolok Batu Nanggar. Saat ditangkap, teman terdakwa Putra, berhasil melarikan diri.             

Barang bukti tersebut, diakui terdakwa adalah miliknya, sebagai alat yang digunakan untuk menghisap sabu - sabu. Sabu dibeli dari Rudi (DPO), seharga Rp200 ribu. Sedangkan uang yang digunakan untuk membeli sabu adalah uang milik Putra.           

Didampingi pengacara Harfin Siagian SH dari Posbakum PN Simalungun, terdakwa secara lisan memohon agar hukumannya diringankan. Dengan alasan menyesal dan belum pernah dihukum juga berjanji tidak akan mengulangi perbuatannya lagi.           

Persidangan dipimpin, ketua majelis hakim, Hendrawan Nainggolan, dinyatakan ditunda seminggu untuk pembacaan putusan. "Sidang akan dilanjutkan Selasa mendatang untuk mendengarkan pembacaan putusan, “kata Hendra, didampingi hakim anggota, Aries dan Mince Ginting.

Penulis: ay. Editor: gun.

Masukkan alamat E-mail Anda di bawah ini untuk berlangganan artikel berita dari Heta News.

Jangan lupa untuk memeriksa kotak masuk E-mail Anda untuk mengkonfirmasi!

Masukkan alamat E-mail Anda di bawah ini untuk berlangganan artikel berita dari Heta News.

Jangan lupa untuk memeriksa kotak masuk E-mail Anda untuk mengkonfirmasi!