HETANEWS.COM

Sebanyak 57 Warga Padangsidimpuan Masuk Dalam Pantauan

Posko Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Kota Padangsidimpuan

Padangsidimpuan, hetanews.com - Sebanyak 57 warga Kota Padangsidimpuan yang baru melakukan perjalanan keluar daerah masuk dalam pantauan Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 setempat.

"Hingga hari ini sudah 57 warga yang masuk dalam data pantauan 14 hari ke depan," kata Wali Kota Padangsidimpuan, Irsan Efendi Nasution, Selasa (24/3).

Tiga warga terakhir yang masuk dalam pantauan merupakan suami istri dan seorang Balita. Ketiganya baru tiba dari Depok, Provinsi Jawa Barat, menumpang bus.

"Atas permintaan Sekretaris Desa, mereka dengan kooperatif melaporkan diri ke Posko Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19. Petugas kemudian mendata dan menjadikannya sebagai pelaku perjalanan nomor 55, 56, dan 57," terangnya.

Irsan mengatakan telah memerintahkan Kadis Kesehatan, Sopyan Subri, dan petugas Puskesmas Hutaimbaru agar mendatangi ketiganya untuk dilakukan observasi dan pemantuan selama 14 hari.

Pelaku Perjalanan merupakan sebutan bagi warga yang baru datang dari luar daerah. Apabila mengalami gangguan kesehatan yang mirip gejala virus corona COVID-19, statusnya ditingkatkan menjadi Orang Dalam Pemantauan (ODP).

Jika ternyata gangguan kesehatannya semakin parah, status dinaikkan menjadi Pasien Dalam Pemantauan (PDP).

"Artinya, ada jenjang status terhadap warga yang baru datang dari luar daerah. Mereka kita pantau hingga benar-benar dipastikan tidak terpapar virus corona COVID-19," jelasnya.

Diharapkan agar seluruh lapisan masyarakat pro aktif memberitahukan kepada Kepling/Kadus atau Lurah/Kepala Desa tentang keberadaan warga yang baru datang dari luar kota.

"Virus corona musuh bersama dan kita harus bersatu melawan," ajaknya.

Berdasarkan data Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 daerah setempat, hingga Senin (23/3) malam terpantau 54 Pelaku Perjalanan yang tersebar di enam kecamatan. Dengan kehadiran Pasutri dan Balita ini, maka bertambah jadi 57 orang.

Sumber: analisadaily.com 

Editor: suci.

Masukkan alamat E-mail Anda di bawah ini untuk berlangganan artikel berita dari Heta News.

Jangan lupa untuk memeriksa kotak masuk E-mail Anda untuk mengkonfirmasi!

Masukkan alamat E-mail Anda di bawah ini untuk berlangganan artikel berita dari Heta News.

Jangan lupa untuk memeriksa kotak masuk E-mail Anda untuk mengkonfirmasi!