HETANEWS

Pernah Kunjungi Surabaya dan Bogor, Pasien PDP Corona Aceh Meninggal

Tim medis melakukan pemeriksaan terhadap seorang pasien saat kegiatan simulasi penanganan virus Corona di RSUD Dr. Loekmono Hadi, Kudus, Jawa Tengah, Sabtu (1/2).

Aceh, hetanews.com - Pemprov Aceh mengumumkan satu warganya yang berasal dari Kabupaten Lhokseumawe meninggal dunia di Rumah Sakit Daerah Zainal Abidin (RSUDZA) Banda Aceh pada Senin (23/3/2020). Korban diketahui berstatus pasien dalam pengawasan (PDP) Covid-19.

Pasien berinisial AA (56) meninggal sekira pukul 12.45 WIB dan sempat dirawat di Rumah Sakit Arun sejak Selasa (17/3/2020) yang kemudian dirujuk ke RSUDZA pada Jumat (20/3/2020).

Juru Bicara Covid-19 Pemerintah Aceh Saifullah Abdulgani mengemukakan, pasien AA mengalami sesak napas dan meninggal dengan diagnosis akhir, pneumonia (infeksi paru-paru).

Pasien tersebut diketahui juga memiliki riwayat perjalanan dinas ke Bogor dan Surabaya.

"Pasien mempunyai riwayat perjalanan dinas ke Surabaya dan Bogor. Dalam perawatan rumah sakit prosedur perawatan dilakukan dengan gejala sesak napas," katanya seperti diberitakan Portalsatu.com-jaringan Suara.com pada Senin (23/3/2020).

"Dilakukan standar penanganan sesuai dengan SOP Pasien Dalam Pengawasan (PDP) Covid-19, pemeriksaan swab juga dilakukan pada hari pertama dan hari kedua."

Untuk hasil swab pasien, pihaknya masih menunggu hasil dari Balitbang Kemenkes Jakarta.

"Spesimen swab yang kita kirim ke Jakarta di Balitbang Kesehatan belum keluar, sehingga kita tidak bisa menetapkan hasilnya positif atau negatif (Covid-19)," katanya.

Sumber: suara.com 

Editor: suci.