HETANEWS

Sering Terbangun dari Tidur karena Kaki Kram, Apa Sebabnya?

dr. Indah Sandy Febriyanti Dokter Umum RS Pondok Indah. Foto: Dok.RS Pondok Indah

Hetanews.com - Kram otot adalah kontraksi mendadak atau involunter yang terjadi pada satu atau lebih berkas otot. Kram otot dapat menyebabkan nyeri sensasi tajam yang timbul mendadak. Walaupun pada umumnya tidak membahayakan, namun kram otot dapat membuat gangguan gerak sementara pada berkas otot yang terkena.

Penggunaan otot yang berlebihan (overuse); dehidrasi, cedera otot (strain), atau salah posisi pada waktu yang lama dapat menyebabkan kram otot.

Beberapa kondisi medis yang juga dapat menyebabkan kram otot adalah aliran darah yang tidak lancar akibat masalah pembuluh darah (sumbatan atau penyempitan), kompresi atau penekanan saraf, dan kekurangan mineral tubuh seperti potasium, kalsium, dan magnesium.

1. Cegah dehidrasi, pastikan suplai cairan cukup selama aktivitas atau ketika Ibu berolahraga

2. Lakukan peregangan otot sebelum beraktivitas lama atau olahraga. Pada mereka yang umumnya mengalami kram otot pada malam hari, lakukanlah peregangan otot sebelum tidur.

3. Pastikan kebutuhan mineral tubuh tercukupi dengan asupan makanan yang bergizi seperti buah, sayur, dan juga suplemen kalsium atau susu.

dr. Indah Sandy Febriyanti

Dokter Umum

RS Pondok Indah – Pondok Indah

Sumber: kompas.com

Editor: tom.