HETANEWS.COM

Ini Ayam Pertama di Dunia

Fosil Ayam Pertama di Dunia. Foto: BBC

Jakarta, hetanews.com - Fosil ini diduga kuat adalah anggota kelompok ayam pertama di dunia. Dengan kata lain, merupakan nenek moyang dari semua ayam yang ada sekarang.

Fosil tersebut dinamakan Asteriornis maastrichtensis dan diperkirakan hidup pada sekitar 67 juta tahun silam, beberapa saat sebelum asteroid memusnahkan dinosaurus.

Bencana itu menghancurkan kaum dinosaurus, tapi hewan ini tetap selamat dan kemudian melahirkan kelompok ayam ataupun bebek yang eksis saat ini. Ilmuwan menemukannya di sebuah tambang di perbatasan Belanda dan Belgia.

Beratnya diperkirakan di bawah 400 gram. Jutaan tahun silam, habitatnya itu merupakan lautan dangkal yang mirip dengan pantai tropis modern.

Gambaran ayam di zaman purba.
Foto: BBC

Bangsa burung menurut ilmuwan adalah keturunan dinosaurus tapi kapan tepatnya mereka berkembang seperti burung di zaman sekarang masih misteri. Nah, fosil ini diharapkan dapat membantu memberi jawaban.

"Ini adalah spesimen unik, kami menyebutnya wonderchicken. Adalah satu-satunya tengkorak hampir utuh dari zaman dinosaurus dan bisa menunjukkan evolusi awal dari burung," kata Dr Daniel Field dari University of Cambridge.

"Wonderchicken ini posisinya akan menjadi fosil yang sangat penting dalam membantu klarifikasi faktor-faktor yang melahirkan burung modern" papar dia.

Sumber: detik.com

Editor: tom.
Aplikasi Heta News sudah tersedia di Google Play Store. Silakan pasang di ponsel pintar Anda!