HETANEWS

Pemilik Sepaket Sabu Dihukum 6 Tahun Penjara

Terdakwa digiring petugas Waltah, Novenri menuju sel tahanan usai divonis 6 tahun. (foto/ay)

Simalungun, hetanews.com - Ronaldo Sihombing alias Rando (33), warga Jalan TVRI, Kelurahan Simarito, Kecamatan Siantar Barat, divonis 6 tahun penjara, denda Rp800 juta subsider 6 bulan penjara.

Vonis tersebut dibacakan ketua majelis hakim, Roziyanti, didampingi dua hakim anggota, Aries Ginting dan Mince Ginting, di PN Simalungun, Senin (23/3/2020).       

Putusan hakim itu, sama (konform) dengan tuntutan jaksa, Doniel Ferdinan SH. Terdakwa dinyatakan terbukti bersalah melanggar pasal 112 (1) UU RI No 35/2009 tentang Narkotika.            

Menurut hakim, terdakwa Rando terbukti memiliki sepaket sabu dan ditangkap, pada Senin, 14 Oktober 2019, sekitar pukul 15.30 WIB, dari depan warung simpang kantor Nagahuta, Kecamatan Panombean Pane, Simalungun.

Sebelumnya, terdakwa disuruh oleh temannya, bernama Prayit untuk membeli sabu kepada seseorang, di Gang Kampung Banjar. Kemudian Prayit  (DPO) menyerahkan uang Rp 100 ribu kepada terdakwa.               

Ketika diperjalanan Prayit, memberikan uang Rp 10 ribu, kepada terdakwa untuk beli aqua dan rokok. Sementara Prayit pergi ke rumah untuk mengambil kaca pirex.             

Setelah Prayit pergi, seketika itu juga, terdakwa ditangkap 3 polisi  dan menyuruh terdakwa mengeluarkan isi kantong celananya.

Satu paket sabu seberat 0,36 gram ditemukan dan bersama barang bukti tersebut ia diboyong ke Polres Simalungun untuk diproses sesuai hukum yang berlaku.              

Terdakwa didampingi pengacaranya, Sintong Sihombing dan juga jaksa, diberi kesempatan selama 7 hati untuk pikir - pikir, terima atau pun banding atas putusan tersebut. 

Penulis: ay. Editor: gun.