HETANEWS

KPU Pematangsiantar Tunda Tahapan Pilkada

Daniel MD Sibarani

Siantar, hetanews.com- KPU Pematangsiantar menunda 3 tahapan Pilkada Pematangsiantar akibat penyebaran virus Corona atau covid 19. Penundaan tahapan pilkada merupakan instruksi dari KPU pusat. 

"Surat edaran dari KPU RI sudah kita terima. Jadi ada  3 tahapan Pilkada yang kita tunda," ujar Ketua KPU Pematangsiantar, Daniel MD Sibarani, Senin (23/3/2019) pagi. 

Ketiga tahapan Pilkada Pematangsiantar yang ditunda ialah; pertama pelantikan PPS [Panitia Pemungutan Suara], kedua Verifikasi faktual syarat dukungan calon perseorangan dan ketiga pemutahiran data pemilih.

"Ditunda sampai batas yang tidak ditentukan. Kalau jadwal Pilkada sampai sekarang belum ada opsi penundaan. Yang ada masih 3 tahapan itu," kata Daniel menjelaskan.

Verifikasi faktual syarat dukungan calon perseorangan, kata Daniel, sesuai jadwal seharusnya mulai dilaksanakan pada 26 Maret 2020, tepatnya pada hari Kamis pekan ini. 

"Jadi ditunda lah. Yang kita dengar masa darurat bencana Covid 19 sampai 29 Mei 2020. Apakah masa darurat ini menjadi menunda Pilkada kita tidak tahu. Jadi kita menunggu instruksi berikutnya," katanya. 

Sebelum ada instruksi dari KPU Pusat, kata Daniel, KPU Pematangsiantar juga berencana melantik 159 orang PPS di 53 Kelurahan se Kota Pematangsiantar secara bergelombang.

"Pada awalnya kita mensiasati pelantikan dengan pelantikan bergelombang. Tiga gelombang. Tetapi kita putuskan untuk ditunda saja," jelasnya.

Baca juga: Ini 3 Tahapan Pilkada 2020 yang Akan Ditunda oleh KPU

Penulis: gee. Editor: edo.

Ikuti Heta News di Facebook, Twitter, Instagram, YouTube, dan Google News untuk selalu mendapatkan info terbaru.