HETANEWS

Kanada Tolak Kirim Atlet ke Olimpiade 2020

IOC didesak Kanada menunda Olimpiade Tokyo ke tahun depan

Kanada, hetanews.com - Kanada memutuskan tidak mengirim atlet ke Olimpiade 2020 Tokyo setelah Komite Olimpiade Kanada (COC) dan Komite Paralimpiade Kanada (CPC) menyatakan tidak ingin mengambil risiko terkait virus corona.

Lewat pernyataan resmi melalui situs organisasi, COC menyatakan keputusan tidak mengirim atlet ke Olimpiade 2020 merupakan keputusan yang sulit untuk diambil.

Komite Olimpiade Internasional (IOC) dan Panitia Penyelenggara Olimpiade Tokyo (TOGOC) sebelumnya bersikukuh Olimpiade 2020 akan berjalan sesuai rencana pada 24 Juli hingga 9 Agustus mendatang di tengah wabah virus corona.

Keputusan itu mendapat kecaman dari banyak pihak. IOC dan TOGOC dianggap tidak peduli dengan keselamatan atlet dan penonton. Belakangan IOC menyatakan akan mengambil keputusan dalam satu bulan ke depan terkait penyelenggaraan Olimpiade 2020.

COC dan CPC kemudian mendesak IOC dan Komite Paralimpiade Internasional (IPC) untuk mengundur Olimpiade Tokyo ke 2021.

"COC dan CPC mendesak IOC, IPC,dan WHO untuk menunda Olimpiade Tokyo satu tahun dan kami menawarkan bantuan terkait semua kerumitan terhadap jadwal baru."

"Meski kami bisa memahami kerumitan kondisi jika Olimpiade 2020 ditunda, tapi tidak ada yang lebih penting daripada keselamatan dan kesehatan atlet kami dan komunitas dunia," demikian pernyataan resmi Olimpiade Kanada.

COC dan CPC mengatakan tidak memungkinkan bagi Kanada untuk mengirim atlet ke Olimpiade 2020 sesuai jadwal di tengah wabah corona. Selain karena faktor keselamatan, para atlet juga tidak bisa berlatih dengan maksimal.

"Kami berterima kasih kepada IOC yang memastikan tidak akan membatalkan Olimpiade Tokyo dan menghargai pentingnya mempercepat pengambilan keputusan mengenai kemungkinan penundaan."

"Kami juga memuji IOC karena mengakui menjaga kesehatan dan kesejahteraan negara dan pencegahan virus harus menjadi perhatian utama kita semua. Kita berada di tengah krisis kesehatan global yang jauh lebih penting daripada olahraga," demikian pernyataan resmi Olimpiade Kanada.

sumber: cnnindonesia.com

Editor: sella.

Ikuti Heta News di Facebook, Twitter, Instagram, YouTube, dan Google News untuk selalu mendapatkan info terbaru.