HETANEWS

Cegah Penyebaran Corona, Personel Gabungan Keliling Banda Aceh Tutup Warkop

Ilustrasi corona

Banda Aceh, hetanews.com - Personel Satpol PP-Wilayatul Hisbah (WH), Polisi dan TNI berpatroli keliling Banda Aceh, Aceh untuk mencegah penyebaran Corona. Para personel meminta seluruh warung kopi tutup.

Pantauan detikcom, personel gabungan menyambangi seluruh warung kopi pada Minggu (22/3/2020) malam. Beberapa petugas menemui pemilik warung dan meminta pengunjung untuk bubar.

Petugas menjelaskan soal instruksi Wali Kota Banda Aceh Aminullah Usman untuk menutup warung kopi mulai malam ini. Tujuannya, untuk mencegah penyebaran virus Corona di Provinsi Aceh.

"Ini kita lakukan sesuai dengan intruksi Plt Gubernur Aceh dan wali kota. Kita akan terus lakukan pengawasan sampai memang cafe, warung kopi, benar-benar memahami," kata Kasat Pol PP-WH Banda Aceh Muhammad Hidayat kepada wartawan.

Begitu petugas meninggalkan lokasi, pemilik warung berinisiatif langsung menutup tempat usaha mereka. Para pengunjung juga membubarkan diri. Hasilnya sebelum pukul 00.00 WIB, Kota Banda Aceh sudah mulai sepi karena tidak ada lagi warga yang nongkrong di warung kopi.

Kemudian Hidayat hidayat menyebut ada empat tim yang dikerahkan untuk "membubarkan" pengunjung di warung kopi. Dia mengatakan akan terus berpatroli hingga ada imbauan warkop boleh buka kembali.

"Warung kopi harus tutup 24 jam. Kita akan lakukan pengawasan terus hingga tim ini dibubarkan oleh Forkopimda Banda Aceh," jelas Hidayat.

Seperti diketahui, Wali Kota Banda Aceh Aminullah Usman menindaklanjuti surat Plt Gubernur Aceh Nova Iriansyah yang meminta warung kopi tutup sementara. Menurutnya, kebijakan menutup tempat-tempat keramaian menjadi salah-satu upaya pencegahan untuk memutuskan mata rantai penyebaran virus. Warga diimbau sementara menahan diri, tetap berada di rumah dan mengikuti protokol kesehatan yang dikeluarkan pemerintah.

"Kita ambil kebijakan ini karena imbauan menjauhi keramaian sepertinya belum mendapat perhatian serius warga, padahal ini langkah antisipasi untuk menjaga diri, keluarga dan sesama. Mari kita sayangi diri, keluarga dan semuanya," jelas Aminullah.

sumber: detik.com

Editor: sella.