HETANEWS

Trump kepada Kim Jong Un: Kami Bisa Bantu Atasi Virus Corona

Presiden AS Donald Trump berjabat tangan dengan pemimpin Korea Utara Kim Jong Un saat mereka bertemu di zona demiliterisasi. Foto: Reuters

Hetanews.com - Presiden AS Donald Trump telah mengirimkan surat pribadi kepada pemimpin Korea Utara Kim Jong Un, menawarkan bantuan AS di tengah pandemi virus corona. Ini adalah kontak pertama yang diketahui antara kedua pemimpin itu dalam beberapa bulan.

Surat itu menunjukkan hubungan yang tetap “spesial dan erat” antara Kim dan Trump, menurut kantor berita resmi Korea Utara KCNA, yang mengungkap keberadaan surat itu dalam sebuah pernyataan Minggu (22/3/2020).

Dalam surat itu, Trump menawari Kim bantuan “anti-epidemi” dan mengatakan dia “terkesan dengan berbagai upaya yang dibuat pemimpin untuk menbela rakyatnya” dari epidemi itu, kata pernyataan Korea Utara tersebut.

Korea Utara berkeras negaranya tidak memiliki kasus COVID-19, meskipun banyak pihak menduga negara itu menyembunyikan wabah tersebut. Virus corona bisa sangat mematikan di Korea Utara, yang minim perangkat medis dan infrastruktur yang layak.

Seorang pejabat senior Gedung Putih mengonfirmasi keberadaan surat Trump itu, yang katanya “konsisten dengan upayanya untuk merangkul para pemimpin dunia selama pandemi.”

“Presiden menyambut baik berlanjutnya komunikasi dengan Pemimpin Kim,” kata pejabat AS itu. 

Sumber: voaindonesia.com

Editor: tom.