Siantar, hetanews.com - Mengantisipasi merebaknya wabah virus corona atau covid 19 di Pematangsiantar, Taman Hewan tutup untuk sementara. Pengunjung tak diberi berrekrasi melihat koleksi binatang di tempat itu.

"Iya kita tutup sementara. Kami tidak menerima pengunjung untuk mengantisipasi virus Corona," ujar seorang Security ditemui di Taman Hewan Jalan Gunung Simanuk manuk, Pematangsiantar, Sabtu (21/3/2020) siang.

Baca juga: Musim Liburan, THPS Dipadati Pengunjung dari Luar Kota

Taman Hewan Pematangsiantar tutup sejak Kamis 19 Maret hingga Selasa 31 Maret 2020. Untuk memberitahu kepada pengunjung, pihak pengelola juga memasang spanduk pemberitahuan di pintu masuk dan loket pengambilan tiket. 

"Kalau karyawan sebagian kerja untuk memberi makan hewan hewan disini. Untuk sementara ini memang ditutup sesuai dengan spanduk itu," imbuh pria mengenakan kaos Security ini.

Sandha Octavia Perkasa, selaku manajer mengatakan ditutupnya taman hewan sesuai arahan Pimpinan H Rahmat Shah, sebagai upaya mencegah penyebaran virus Corona.

Menurutnya,  pihak manajemen juga meliburkan sebagian karyawan, kecuali petugas "keeper" yang bertugas untuk kebersihan dan perawatan satwa hunian.

Saat ini pihaknya juga mengintensifkan kebersihan fasilitas dengan penyemprotan disinfektan untuk kenyamanan berada di kawasan kebun binatang. Sterilisasi fasilitas seperti di ruangan loket, tempat istirahat, pegangan tangan, kandang, kantin. Bahkan dalam waktu dekat, pihaknya akan mempergunakan alat pengukur panas tubuh bagi pengunjung.

Upaya tersebut sebagai bentuk dukungan pihaknya kepada Pemerintah untuk mencegah penyebaran Covid-19 dan komitmen memberikan kenyamanan pengunjung serta kebersihan area.

Sekedar informasi, Pemko Pematangsiantar mengeluarkan surat edaran ke sekolah se Pematangsiantar agar meliburkan aktifitas belajar mengajar. Selain itu pihak Universitas baik perguruan tinggi pun, meliburkan aktivitas perkuliaahan.

Baca juga: Dilema Identitas ODP Risiko Virus Corona di Pematangsiantar