HETANEWS

Nyolong Sawit Milik PT Lonsum, Adi Diseret ke Meja Hijau

Terdakwa berjalan meninggalkan ruang sidang. (foto/ay)

Simalungun, hetanews.com - Nuriadi als Adi (39), warga pondok Manahul Perkebunan Bahlias, Kecamatan Bandar, didakwa mencuri buah kelapa sawit, di PN Simalungun, Jumat (20/3/2020).

Menurut surat dakwaan jaksa, Ade Jaya Ismanto, karyawan Kebun Bahlias ini, memanen sawit secara tidak sah milik PT Lonsum Indonesia.

Adi ditangkap security kebun Lonsum Boiman dan Indra Buana, pada Rabu, 1 Januari 2020, sekira pukul 13.30 WIB, di samping kantor divisi Manahul PT Lonsum, di Kecamatan Bandar.

Tahun baru itu, terdakwa berkesempatan mengambil sawit tanpa ijin karena sedang libur. Tapi aksinya itu, dilihat security dan terdakwa diamankan bersama barang bukti 6 tandan sawit.

Dengan sepeda motor Yamaha tanpa plat dan keranjang along - along untuk membawa sawit hasil curiannya ke kampung. Dua saksi yang menangkap terdakwa, langsung melaporkan  kepada satpam bernama Suarli untuk selanjutnya dibawa ke Polsek dan diproses hukum.

Berhubung para saksi belum dihadirkan jaksa, maka persidangan ditunda seminggu untuk mendengarkan keterangan saksi-saksi. Terdakwa dijerat jaksa dengan pasal 107 huruf d UU No 39/2014 tentang perkebunan.

"Sidang ditunda untuk mendengarkan keterangan saksi-saksi,"kata hakim Roziyanti, didampingi dua hakim anggota, Aries dan Mince Ginting.

Penulis: ay. Editor: gun.