HETANEWS

Polresta Deli Serdang Beritahu Cara Membuat Disinfektan dan Antiseptik

Tim kesehatan dari Polresta Deli Serdang sedang membuat disinfektan dan antiseptik, Jumat (20/3)

Medan, hetanews.com - Kepolisian Resor Kota Deli Serdang memberikan tutorial pembuatan hand sanitizer dan cairan disinfektan berdasarkan standar World Health Organization sebagai antisipasi penyebaran virus corona.

Dalam tutorialnya tersebut, Paur Kes Bag Sumda Polresta Deli Serdang, dr. Dian Sri Ulina Tambunan menunjukkan bahan-bahan, seperti Ethanol/alkohol 96 persen, Gliserol 98 persen, H2O2 3 persen, gelas ukur, dan Aquades (bisa diganti dengan air dingin yang sebelumnya direbus hingga mendidih).

Ia lanjut menjelaskan, pembuatan 1 liter hand sanitizer 833 ml ethanol/alkohol 96 persen dimasukkan ke gelas ukur 1000 ml selanjutnya tambahkan 41.7 ml H2O2 3 persen ke dalam gelas ukur yang berisi ethanol lalu tambahkan 14.5 ml gliserol 98 persen menggunakan gelas ukur.

“Pastikan sisa gliserol tidak tertinggal, dengan cara membilas dengan aquades selanjutnya tambahkan aquades hingga 1000 ml lalu diaduk hingga homogen/merata. Simpan selama 72 jam untuk memastikan tidak ada kontaminasi organisme dari wadah,” jelas dr. Dian,

Sedangkan membuat 1 liter disinfektan, bahan yang diperlukan aquades dan Natrium Hipoklorit (bayclin) dengan perbandingan 1:9. Siapkan 100 ml natrium hipoklorit (bayclin) lalu tambahkan aquades sebanyak 900 ml dan aduk hingga rata.

Dengan tutorial yang diberikan, diharapkan masyarakat dapat mengaplikasikannya di rumah sehingga tidak perlu bergantung pada ketersediaan Hand Sanitizer dan Desinfektan di apotek.

Kasubbag Humas, Iptu Masfan Naibaho mengatakan, untuk mengantisipasi penyebaran virus corona, tutorial ini bermaksud untuk mengedukasi masyarakat untuk membuat antiseptik dan desinfektan sehingga masyarakat tidak resah apabila terjadi kelangkaan antiseptic dan desinfektan.

Sumber: analisadaily.com 

Editor: suci.

Ikuti Heta News di Facebook, Twitter, Instagram, YouTube, dan Google News untuk selalu mendapatkan info terbaru.