HETANEWS

Ngisap Ganja, Mahasiswa Ini Diancam 3 Tahun Penjara

Terdakwa keluar dari ruang sidang di PN Simalungun. (foto/ay)

Simalungun, hetanews.com – Terdakwa KDN (21), seorang mahasiswa yang tinggal di Huta IV, Nagori Pematang Simalungun, dituntut 3 tahun penjara, di PN Simalungun, Kamis (19/3/2020).

Jaksa Barry Sugiarto SH menyebutkan, terdakwa terbukti mengisap narkotika jenis ganja.

Mahasiswa ini dipersalahkan jaksa dengan pasal 127 (1) UU RI No 35/2009 tentang penyalahgunaan Narkotika bagi diri sendiri. Terdakwa KDN ditangkap saksi Andi S Nainggolan, E Purba dan A Tampubolon (anggota Satres Narkoba Polres Simalungun), pada Rabu (9/11/2020), di perladangan ubi milik masyarakat, di Rambung Merah, Kecamatan Siantar.

Petugas yang telah mendapatkan informasi, melakukan penyelidikan dan melihat terdakwa sedang merokok dengan posisi jongkok, bersama temannya Nawi.

Melihat keberadaan petugas, terdakwa dan Nawi melarikan diri, tapi KDN berhasil diamankan dengan puntung rokok yang tembakaunya sudah dicampur ganja. Sedangkan temannya berhasil melarikan diri.

Menurut jaksa Barry, hal yang memberangkatkan terdakwa karena perbuatannya tidak mendukung pemerintah dalam pemberantasan narkotika. Sedangkan hal meringankan, terdakwa menyesal dan merupakan mahasiswa yang akan melanjutkan pelajarannya.

Untuk putusan hakim, persidangan dipimpin ketua majelis hakim, Roziyanti, ditunda hingga Senin mendatang.

"Untuk putusan sidang ditunda sampai hari Senin,"kata Rozy, didampingi dua hakim anggota, Aries Ginting dan Mince Ginting.

Penulis: ay. Editor: gun.