HETANEWS.COM

Antisipasi Penularan Virus Corona, Pemkab Sergai Liburkan Seluruh Sekolah Mulai Besok

Saat konferensi pers, di Aula Literasi Dinas Pendidikan Sergai.

Sergai, hetanews.com – Pemerintah Kabupaten Serdang Bedagai (Pemkab Sergai) secara resmi meliburkan sekolah, mulai tingkat PAUD, TK,  SD dan SMP/MI, SMP/MTs negeri dan swasta, namun tetap belajar di rumah masing-masing.

Proses belajar mengajar, berlangsung dengan mempergunakan sarana jaringan komunikasi, berupa internet, facebook dan whatsapp.

Kebijakan ini diambil oleh pemerintah daerah dalam rangka mencegah virus corona, kata  Sekdakab Sergai, HM. Faisal Hasrimy AP, MAP, didampingi Kadisdik Sergai, Drs. Joni Walker Manik MM dan Kadis Kominfo Sergai, Drs. Akmal, dalam jumpa pers yang digelar di Aula Literasi Kantor Dinas Pendidikan Sergai, Desa Sei Rampah,Kecamatan Sei Rampah, Selasa (18/3/2020) sore tadi.

Himbauan ini secara resmi dikeluarkan melalui surat edaran Nomor: 1811/421/1604/2020 tentang pencegahan penyebaran corona (Covid -19), di satuan pendidikan yang ditandatangani oleh Bupati Sergai, Ir. H. Soekirman, tertanggal 18 Maret 2020 dan berisi 11 poin.

Diantaranya, selain seluruh sekolah diliburkan, masyarakat juga dihimbau agar tidak melaksanakan kegiatan yang sifatnya mengumpulkan orang banyak.

Masyarakat tidak dilarang untuk menunaikan ibadah di masjid dan rumah ibadah masing-masing sesuai dengan kepercayaan yang dianut, namun terapkan hidup bersih di lingkungan rumah ibadah.

Bagi umat muslim yang memiliki kewajiban sholat Jum'at berjamaah di masjid dapat mengikuti himbauan yang sudah dikeluarkan oleh Majelis Ulama Indonesia (MUI).

Sementara itu, terkait dengan pelaksanaan Ujian Sekolah (US), pada jenjang SD dan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK), pada jenjang SMP akan diatur dan disesuaikan menunggu edaran dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Siswa diliburkan hanya 14 hari terhitung mulai tanggal 19 Maret - 03 April 2020. Untuk tenaga pendidik dan tenaga kependidikan dilarang mengikuti kedinasan di luar daerah.

Bagi pendidik dan tenaga kependidikan yang sedang flu, pilek dan batuk segera memeriksakan diri ke dokter atau Puskesmas terdekat dan sekolah menginformasikan kepada orang tua siswa agar tidak membawa anaknya ke tempat keramaian dan keluar daerah, jika tidak mendesak.

Orang tua juga dihimbau agar mantau dan mengawasi peserta didik dalam proses pembelajaran di rumah, ungkap Sekda.

Sekda juga menyampaikan, sebagai langkah tanggap corona, Pemkab Sergai telah membuka posko di Kantor BPBD, pihak Pemkab juga telah menyiagakan ruang isolasi bagi pasien Corona di RSUD Sultan Sulaiman.

Sedangkan kondisi Sumatera Utara (Sumut) termasuk Kabupaten Sergai, terkait virus Corona adalah Siaga darurat.

Kendati demikian situasi dan kondisi Kabupaten Sergai saat ini kondusif, kata Sekda.

Kadisdik Sergai menambahkan, jumlah SD Negeri di Sergai 473 unit dan swasta dengan jumlah peserta siswa 73.445 orang, jumlah SMP di Sergai  90 unit negeri dan swasta dengan jumlah pelajar 32.754 orang, jumlah PAUD 435 unit dan TK negeri 7 unit dengan jumlah pelajar 12.200 orang.

Penulis: sutrisno. Editor: gun.

Daftarkan diri Anda sebagai anggota Heta News untuk selalu mendapatkan buletin berita populer langsung di kotak surat elektronik Anda!

Berlangganan

Daftarkan diri Anda sebagai anggota Heta News untuk selalu mendapatkan buletin berita populer langsung di kotak surat elektronik Anda!

Berlangganan