HETANEWS.COM

Kapolda Warning Penimbun Sembako

Gubernur Sumatera Utara (Sumut), Edy Rahmayadi, menerima kunjungan silaturahmi Kapolda Sumut, Irjen Pol Martuani Sormin, di Aula Raja Inal Siregar, Lantai 2, Kantor Gubernur Sumut, Jalan Pangeran Diponegoro Nomor 30, Medan, Senin (23/12/2019). Foto: Beritasatu/Arnold Sianturi

Medan, hetanews.com - Kapolda Sumut, Irjen Pol Martuani Sormin mengeluarkan peringatan (warning) terhadap distributor maupun penjual masker, cairan pembersih tangan maupun distributor kebutuhan pokok untuk tidak melakukan penimbunan barang di tengah mewabahnya virus corona.

"Saya sudah terjunkan anggota untuk turun melakukan penyelidikan di masyarakat. Saya perintahkan untuk tidak segan-segan mengambil tindakan. Ini akan dilakukan jika terjadi penimbunan masker dan kebutuhan pokok terkait corona ini. Sudah ada yang ditindak dalam kasus berita bohong istana lockdown," tegasnya.

Mantan Kapolda Papua ini juga meminta seluruh jajarannya untuk berkoordinasi bersama bupati maupun wali kota supaya mengantisipasi penimbunan masker, sembako maupun lainnya. Kapolres dan kepala daerah disarankan melakukan pengecekan di setiap gudang-gudang barang. Sehingga, penimbunan tidak terjadi.

"Pedagang pun tidak boleh mengambil kesempatan di tengah situasi darurat akibat virus corona ini. Jangan sesukanya menaikkan harga barang demi mendapatkan keuntungan besar. Itu tidak boleh terjadi di masyarakat. Undang-undang tentang perlindungan konsumen mengatur itu. Jika melanggar bisa diproses hukum," katanya.

Menurut Kapolda, peran serta masyarakat juga dibutuhkan dalam mengantisipasi penimbunan tersebut. Bila melihat indikasi penimbunan maka sebaiknya segera dilaporkan ke pihak kepolisian. Sehingga, polisi langsung mengambil tindakan. Kerja sama ini sangat dibutuhkan.

Jangan membuat kegaduhan apalagi menyebarkan berita bohong melalui media sosial. Ini bisa menimbulkan kepanikan dan menciptakan situasi tidak kondusif akibat kepanikan. Bantu pemerintah dan aparat dalam penanggulangan masalah virus corona itu," sebutnya.

Sumber: beritasatu.com

Editor: tom.

Daftarkan diri Anda sebagai anggota Heta News untuk selalu mendapatkan buletin berita populer langsung di kotak surat elektronik Anda!

Berlangganan

Daftarkan diri Anda sebagai anggota Heta News untuk selalu mendapatkan buletin berita populer langsung di kotak surat elektronik Anda!

Berlangganan