HETANEWS.COM

Kurir Sabu, Paman Divonis 5 Tahun Penjara di PN Siantar

Terdakwa digiring petugas menuju sel tahanan sementara di PN Siantar. (foto/ay)

Siantar, hetanews.com - Terbukti menjadi kurir sabu, Sukidi als Paman (45), akhirnya divonis 5 tahun penjara, denda Rp1 milyar, subsider 6 bulan penjara, dikurangi masa tahanan sementara yang telah dijalani.

Putusan hakim, Fhyyta Sipayung, Simon CP Sitorus dan M. Iqbal Purba yang dibacakan dalam sidang, Selasa (17/3/2020) tersebut, konform (sama) dengan tuntutan jaksa, Heri Santoso SH.

Hakim sependapat dengan jaksa, menyatakan terdakwa terbukti bersalah melanggar pasal 114 (1) UU RI No 35/2009 tentang narkotika.

"Menjatuhkan pidana penjara selama 5 tahun penjara, denda Rp1 milyar subsider 6 bulan penjara,"kata hakim.

Warga jalan Serdang, Gang Langgar, Kelurahan Banjar Kecamatan Siantar Barat ini, ditangkap petugas Polres Simalungun, pada Senin, 16 September 2019, lalu, sekira pukul 15.15 WIB, di dekat rumah terdakwa.

Sore itu, terdakwa yang sedang berdiri, didatangi seseorang yang tidak dikenal terdakwa dan memesan sabu, paket Rp200 ribu (2 paket).

Lalu terdakwa menyerahkan uang kepada Ateng dan menerima 2 paket sabu. Tapi naas, ketika akan menyerahkan sabu kepada pembelinya, terdakwa ditangkap, bersama barang bukti seberat 0,17 gram (netto).

Hal yang memberatkan, terdakwa tidak mendukung program pemerintah dalam pemberantasan Narkotika. Sedangkan hal meringankan, terdakwa bersikap sopan dan berterus terang.

Didampingi pengacara, Erwin Purba SH, terdakwa menyatakan pikir-pikir, demikian juga dengan jaksa. Persidangan dibantu panitera, Sinta Ritonga, dinyatakan selesai dan ditutup.

Penulis: ay. Editor: gun.
Aplikasi Heta News sudah tersedia di Google Play Store. Silakan pasang di ponsel pintar Anda!