HETANEWS

Jokowi dan Iriana Sudah Jalani Tes Corona, Hasilnya Belum Terungkap

Presiden Joko Widodo (kanan) didampingi Menteri BUMN Erick Thohir (tengah) dan Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto (kiri) meninjau pembersihan Masjid Istiqlal dengan cairan desinfektan di Jakarta Pusat, Jumat (13/3/2020). Foto: Adi Maulana Ibrahim/ Kata Data

Hetanews.com - Joko Widodo dan Ibu Negara Iriana Joko Widodo telah menjalani tes untuk mengetahui kemungkinan mengalami infeksi akibat virus corona atau Covid-19.

"Saya dan Ibu Iriana sudah melakukan tes uji virus corona," kata Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam jumpa pers di Istana Kepresidenan Bogor, Senin (16/3/2020).

 Presiden Jokowi hanya tersenyum saat wartawan menanyakan hasil pemeriksaannya, lalu mengatakan, "Tanyakan hasilnya kepada yang mengambil sample-nya."

Tidak seperti biasanya, saat menyampaikan informasi kepada wartawan, Presiden Jokowi menjaga jarak. Dia tidak mendekati kerumunan wartawan dan menjawab pertanyaan mereka sebagaimana biasanya.

Kekhawatiran mengenai kondisi kesehatan anggota Kabinet Indonesia Maju serta Presiden dan Wakil Presiden muncul setelah Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi dinyatakan positif terinfeksi corona.

Menteri Perhubungan mengeluh sakit sejak 10 Maret 2020, pada 11 Maret mengikuti rapat terbatas di Kantor Presiden dan dinyatakan positif terserang Covid-19 pada 14 Maret. Menteri Sekretaris Negara Pratikno yang menjelaskan soal keadaan Budi Karya.

Setelah pengumuman tersebut, pihak Istana Kepresidenan menambah fasilitas untuk mendeteksi tamunya yang terjangkit virus corona Covid-19. Mereka menyediakan ruang disinfeksi berbentuk kubus berwarna putih bagi semua tamu yang akan masuk le Istana.

Ruangan tersebut dilengkapi dengan pintu kaca di bagian masuk dan keluarnya. Setiap para pengunjung harus masuk kotak tersebut untuk disemprot alat disinfektan sebelum memasuki ring 1 Istana.

Fasilitas ini sebenarnya sudah disiapkan sejak hari Minggu (15/3/2020) kemarin, namun baru resmi digunakan hari Senin (16/3/2020). Fungsi ruangan ini untuk sterilisasi semua tamu Istana dari kemungkinan adanya kuman yang ada di tubuh.

Sumber: katadata.co.id

Editor: tom.