HETANEWS.COM

LBH Siantar-Simalungun Lakukan Penandatangan MoU Posbakum PN Siantar

Penandatangan MoU PN Siantar dan . (foto/ay)

Siantar, hetanews.com -  Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Siantar - Simalungun melakukan penandatangan nota kesepahaman (MoU) dengan Pengadilan Negeri (PN) Pematangsiantar, pasca ditetapkannya sebagai LBH yang akan melakukan pendampingan, di Posbakum PN tersebut.

Penandatangan MoU, dilakukan di ruang sidang utama kantor PN setempat, Senin (16/3/2020) oleh Ketua LBH Siantar – Simalungun, B. Banjarnahor  dan Danar Dono.

Kegiatan itu, disaksikan Kalapas Klas IIA, Porman Siregar, Kajari Siantar, Herrus Batubara dan Wakapolres, Bonggas S, serta seluruh panitera pengganti dan hakim PN Siantar.

Ketua PN Siantar, Danar Dono mengatakan, penandatangan MoU Pos Bantuan Hukum (Posbakum) ini, merupakan kegiatan rutin (tahunan) yang  telah dilakukan pada tahun - tahun sebelumnya.

Sebelumnya, tim seleksi telah melakukan verifikasi dari beberapa LBH yang telah mendaftarkan diri untuk menempati Posbakum di PN Siantar, dan LBH Siantar - Simalungun yang telah ditetapkan untuk memberikan pendampingan kepada masyarakat pencari keadilan, jelasnya.

Posbakum PN Siantar memberikan pelayanan secara cuma - cuma (gratis) kepada masyarakat tidak mampu dengan melampirkan surat keterangan tidak mampu dari pemerintah setempat.

Dasar diadakannya Posbakum, sesuai Perma No.1/2014 tentang pedoman pemberian layanan hukum bagi masyarakat tidak mampu, diimplementasikan melalui peraturan pemerintah tentang pemberian layanan hukum kepada masyarakat dan juga surat Badan Peradilan Umum. 

Dan dalam pelaksanaannya, memberi layanan hukum gratis dengan ancama pidana, bukan hanya di atas 15 tahun. Tetapi ancaman pidana di bawah atau di atas 5 tahun, bisa juga dilakukan pendampingan dengan  ketentuan harus mempunyai surat keterangan tidak mampu, ungkapnya.

Maka pengadilan memberikan bantuan pelayanan hukum  kepada masyarakat secara cuma - cuma melalui Posbakum, tegasnya.

Untuk pendampingan pidana (prodei) kepada Posbakum telah dianggarkan dana DIPA (Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran)  TA 2020.

Danar juga mengharapkan kerjasama dapat berjalan dengan lancar, saling mengkoreksi dan mengisi dalam penegakan hukum. Juga bersinergi memberikan sumbangsih kepada masyarakat pencari keadilan, harapnya.

Ketua LBH Siantar – Simalungun, B. Banjarnahor dalam kesempatan tersebut, mengucapkan  terimakasih atas kepercayaan yang telah diberikan kepada LBH yang dipimpinnya untuk mendampingi masyarakat di persidangan melalui Posbakum PN Siantar. 

Secara singkat, ia juga  memaparkan, jika LBH yang dipimpinnya telah banyak melakukan pendampingan, baik di Polres dan juga Lapas.

Dengan harapan dapat memberikan dedikasinya untuk memberikan pelayanan bantuan hukum. Juga bekerjasama dalam penegakan hukum, ujarnya.

Penulis: ay. Editor: gun.