HETANEWS

Menhub Kena Corona, Jokowi Gelar Ratas via Video Conference

Presiden Joko Widodo untuk sementara menggelar rapat terbatas dengan video confrence.

Jakarta, hetanews.com - Pihak Istana Kepresidenan sementara waktu tak menggelar rapat terbatas seperti biasa di Istana Jakarta maupun Bogor. Rapat yang dipimpin Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk sementara dilakukan melalui video conference bersama jajaran menteri Kabinet Indonesia Maju.

Keputusan ini diambil menyusul Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi positif terinfeksi virus corona (Covid-19).

"(Ratas dipimpin Presiden Jokowi) sementara waktu dengan video conference," kata Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono saat dihubungi, Senin (16/3).

Menhub Budi Karya dinyatakan positif corona pada Sabtu (14/3). Dalam dua pekan terakhir, Budi Karya sempat mengikuti rapat di Istana Kepresidenan Jakarta pada 4 dan 11 Maret 2020. Belum diketahui Budi Karya terinfeksi corona dari kluster mana.

Sejumlah menteri dan pejabat kemudian diminta mengikuti tes virus corona oleh Jokowi. Beberapa menteri sudah melakukan tes kemarin, antara lain Menteri PUPR Basuki Hadi Muljono, Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian, Menteri Agraria dan Tata Ruang (ATR) Sofyan Djalil.

Kemudian Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate, serta Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir, Menteri Keuangan Sri Mulyani, serta Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) Suharso Monoarfa.

Para menteri ini memeriksakan kesehatannya karena sempat melakukan kontak dekat dengan Budi Karya, baik ketika rapat terbatas maupun kunjungan kerja ke daerah. Selain menteri, wartawan yang biasa meliput di Istana Kepresidenan juga diminta untuk tes kesehatan.

Sampai kemarin, Minggu (15/3), total pasien positif corona di Indonesia mencapai 117 orang. Dari jumlah itu, 8 di antaranya dinyatakan sembuh dan 5 meninggal dunia. Budi Karya menjadi pejabat publik pertama yang terinfeksi virus dari Wuhan, China itu. 

sumber: cnnindonesia.com

Editor: sella.