HETANEWS.COM

Antisipasi Covid-19, Aceh Liburkan Sekolah

Banda Aceh, hetanews.com - Mengantisipasi meluasnya penyebaran virus corona (Covid-19), Plt. Gubernur Aceh, Nova Iriansyah, mengambil kebijakan meliburkan sekolah mulai Senin (16/3/2020) besok. Penegasan tersebut disampaikan Kepala Biro Humas dan Protokol Setda Aceh, Muhammad Iswanto, menindaklanjuti instruksi Plt. Gubernur Aceh.

"Sesuai instruksi Plt. Gubernur, mulai besok seluruh sekolah di bawah kewenangan Pemerintah Aceh akan diliburkan hingga dua minggu ke depan dan akan dievaluasi setelahnya. Apakah liburnya diperpanjang atau tidak," ujar Muhammad Iswanto di Banda Aceh, Minggu (15/3).

Plt. Gubernur, Nova Iriansyah, juga memerintahkan instansi terkait agar segera duduk bersama dan mencari formulasi yang tepat agar selama dirumahkan para peserta didik tidak kehilangan momentum dan semangat belajar, karena waktu pelaksanaan ujian nasional (UN) tingkat SMA dan SMP sudah dekat.

Saat ini Sekda Aceh, Taqwallah, sedang memimpin rapat bersama Kepala Dinas Pendidikan Aceh, Kepala Dinas Pendidikan Dayah Aceh dan instansi terkait lainnya untuk mencari mekanisme yang tepat.

Iswanto menjelaskan, Sekda Aceh juga terus berkomunikasi dengan pemerintah kabupaten/kota agar melakukan langkah antisipasi yang sama dengan Pemerintah Aceh.

"Semua unsur pemerintahan harus memiliki gerak yang sama karena upaya pencegahan ini tidak bisa dilakukan parsial tapi harus menyeluruh. Kami juga tentu membutuhkan dukungan masyarakat dalam upaya pencegahan penyebaran Covid-19 ini. Karenanya, kami himbau masyarakat tetap waspada dan tidak perlu panik. Terus membiasakan pola hidup bersih dan sehat serta mengikuti tips dan langkah sehat yang disarankan pemerintah," jelas Iswanto.

Dia juga mengimbau masyarakat agar tak mudah percaya dengan berita-berita bohong atau hoax terkait Covid-19 yang disebarkan pihak-pihak yang tidak bertanggungjawab di media sosial.

"Alhamdulillah hingga hari ini belum ada warga Aceh yang dinyatakan positif Covid-19. Beberapa hari lalu memang ada dua orang suspect atau terduga virus Corona. Sudah ditangani tim medis Rumah Sakit Umum Daerah dr. Zainoel Abidin (RSUDZA), sudah diperiksa spesimennya. Dan, dinyatakan negatif Covid-19. Kedua orang ini pun sudah dipulangkan," tukas Iswanto.

sumber: Analisadaily.com

Editor: edo.

Daftarkan diri Anda sebagai anggota Heta News untuk selalu mendapatkan buletin berita populer langsung di kotak surat elektronik Anda!

Berlangganan

Daftarkan diri Anda sebagai anggota Heta News untuk selalu mendapatkan buletin berita populer langsung di kotak surat elektronik Anda!

Berlangganan