HETANEWS.COM

Dinkes: Pulang dari Bali Anggota DPRD Masuk ODP Covid -19

Foto: Posko Siaga Covid-19 di Rumah Sakit Tentara Pematangsiantar

Siantar, hetanews.com - Dinas Kesehatan Pematangsiantar menyatakan setiap warga yang datang dari luar negeri maupun dalam negeri yang wilayahnya dinyatakan terinfeksi Covid-19, masuk dalam status Orang Dalam Pantauan [ODP]. 

Berkenaan dengan kunjungan kerja [Kunker] 27 anggota DPRD Pematangsiantar ke Bali pekan lalu, Kepala Dinas Kesehatan dr Ronal membenarkan status ODP terkait Risiko Covid-19 pasca Anggota DPRD pulang dari Bali.

Selain itu, Plt Dirut RSUD Djasamen Saragih ini juga mengakui jumlah ODP cukup banyak berdasarkan data Puskesmas di Pematangsiantar

"Iya kita pantau, dalam pantau itu," kata dr Ronal membenarkan, saat dihubungi Sabtu (14/3/2020). 

Anggota DPRD Pematangsiantar, Noel Lingga, tidak mengetahui percis mengenai status ODP tersebut. Selain tidak ada penyampaian informasi secara langsung, belum adapula petugas kesehatan yang datang menemui dirinya pasca pulang dari Bali. 

"Kami ucapkan terimakasih kepada Dinkes yang memberi perhatian kepada kami. Tapi sampai sekarang belum ada petugas kesehatan yang datang ke rumah menanyakan itu," kata Anggota Komisi III ini. 

Menurut Noel, selain memberikan informasi yang jelas akan risiko covid-19, penetapan status ODP oleh Dinkes seharusnya ditingkatkan ke pemeriksaan yang lebih insentif  bukan sebatas pemantauan saja. 

"Dinkes sudah memberikan perhatian, tapi maunya jangan hanya pemantauan saja, harusnya dialanjutkan pemeriksaan kondisi kesehatan seperti gula darah, ya karena kondisi tubuh masing-masing kita gak tau kan," ungkapnya.

Sekaitan dengan Kunker ke Bali, Noel menjelaskan saat di Bandara mereka diperiksa oleh petugas kesehatan. Sebelum pulang mereka dicek menggunakan alat medis pendeteksi suhu tubuh. Hasilnya 27 anggota DPRD, kata Noel, statusnya Negatif Covid19.

"Waktu di Bandara di cek semua, alatnya canggih di sana. Hasilnya semua negatif, kalau positif sudah di karantina di sana, gak dikasih pulang," katanya. 

Disinggung apakah dirinya sendiri akan melakukan cek kesehatan ke Puskesmas setelah mendengar status ODP tersebut, Noel cukup menyayangkan sebab tidak adanya konfirmasi resmi dari Dinkes. Ia berharap Dinas Kesehatan lebih tanggap, sigap dan waspada akan Covid-19 di Pematangsiantar. 

"Seharunya petugas kesehatan yang datang ke rumah. Karena sejauh ini kami gak tau mau kemana datang. Kita kan gak tau bagaimana kondisi tubuh kita. Misalnya karena lelah, jangan dibilang pula karena Corona," ucapnya.

Penulis: gee. Editor: edo.

Masukkan alamat E-mail Anda di bawah ini untuk berlangganan artikel berita dari Heta News.

Jangan lupa untuk memeriksa kotak masuk E-mail Anda untuk mengkonfirmasi!

Masukkan alamat E-mail Anda di bawah ini untuk berlangganan artikel berita dari Heta News.

Jangan lupa untuk memeriksa kotak masuk E-mail Anda untuk mengkonfirmasi!