HETANEWS

Kapolda Sumut Titip Pesan Ke Rektor dan Dosen Nommensen

Prof Dr Sanggam Siahaan dan Kapolda Sumut Irjen Pol Martuani Sormin saat memasuki aula Nommensen Pematangsiantar, Jumat (13/3/2020).

Siantar, hetanews.com - Kapolda Sumut Irjen Pol Martuani Sormin menitip pesan kepada Civitas Akademika UHKBP Nommensen Pematangsiantar. Kapolda juga berharap kepada Rektor baik itu Dosen agar menjadi 'Polisi' di kampus. 

"Saya ingin menitip pesan kepada Bapak Rektor dan Dosen disini. Marilah kita menjadi polisi, Polisi disini dalam artian bantu saya. Kalau ada di kampus yang sudah miring miring bicaranya gak jelas, segera kontak kami. Kalau dia sebagai pemakai kita harus rehab dia," kata Kapolda saat memberikan pemaparan di aula Nommensen, Jumat (13/3/2020).

Hal it disampaikannya karena peredaran dan penyalahgunaan Narkoba di Sumut tergolong besar.  Baru baru ini Polda Sumut berhasil mengungkap peredaran Narkoba jenis sabu dan ladang Ganja di Madina.

Kapolda juga membeberkan keterlibatan oknum polisi pada kasus Narkoba. Kata dia, belum lama ini ada juga 2 perwira polisi yang ditahan dan akan dipidanakan. Polisi maupun sipil juga sama dimata hukum. 

"Saya menegakkan hukum tanpa toleransi. Siapa pun. Karena taruhannya adalah generasi Sumatera Utara," katanya. 

Selain peredaran dan penyalahgunaan narkotika, kata Kapolda,kejahatan street crime atau kejahatan jalanan di Sumut erat hubungannya dengan penyalahgunaan Narkotika. 

"Narkotika ini sudah merajalela. Kita sudah pelajari street crime itu apa. Itu kebutuhan Narkotika. Bahkan, banyak anak anak gadis menyerahkan kehormatannya demi sabu. Merusak akhlak dan moral. Narkotika ini sungguh luar biasa," jelasnya. 

Baca juga: Kapolda Sumut: Hanya di Surga yang Tidak Ada Kejahatan

Kehadiran Irjen Pol Martuani di Nommensen sekaligus memberikan motivasi kepada kepada Mahasiswa. Ia juga menyemangati para Mahasiswa perantau yang sedang meniti perkuliahan di kampus Nommensen Pematangsiantar. 

Irjen Pol Martuani banyak bercerita kehidupanya lewat dialog publik  tema partisipasi masyarakat menjaga keamanan dan menjamin pembangunan berkelanjutan di Sumut ini.  

Terkait tema dialog tersebut, Rektor UHKBP Nommensen Pematangsiantar, Prof Dr Sanggam Siahaan, berharap seluruh  Forkopimda Siantar-Simalungun dapat bersinergi untuk berpatisipasi dalam menjamin keamanan dan pembangunan di Sumatera Utara.

"Tentu civitas akademika dapat berkontribusi dan berperan untuk berpartisipasi dalam menjamin keamanan dan pembangunan yang berkelanjutan di Sumatera Utara khususnya di Pematangsiantar dan Simalungun," katanya ditemui usai acara. 

Untuk itu Prof Dr Sanggam berharap adanya sinergitas yang baik antara Forkopimda di Siantar- Simalungun dan masing masing civitas akademika yang ada di dua daerah tersebut.

"Kami dari civitas akademika berharap kegiatan seperti ini dapat berlanjut. Harapannya seluruh elemen masyarakat dan Forkompinda kedua daerah ini kedepan dapat bekerjasama untuk menjamin keamanan dan pembangunan yang berkelanjutan di Sumut," ungkapnya.

Penulis: gee. Editor: edo.