HETANEWS.COM

KHDTK Aek Nauli Launching Program Silvopastura, Berikut Penjelasan Kepala Badan Litbang dan Inovasi KLHK

Kepala Badan Litbang dan Inovasi Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan  (KLHK), Dr. Ir. Agus Justianto, M.Sc, saat menanam pohon bambu, program silvopastura di KHDTK Aek Nauli.

Simalungun, hetanews.com - Demi mendukung program Pemerintah Pusat untuk mengembangkang dunia penelitian dan memajukan eko pariwisata berbasis ilmiah, pihak Kementerian LHK meluncurkan (launching) program silvopastura, di Kawasan Hutan Dengan Tujuan Khusus (KHDTK) Aek Nauli, di Kecamatan Girsang Sipangan Bolon, Kabupaten Simalungun, Jumat (13/3/2020).

Kepala Badan Litbang dan Inovasi Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan  (KLHK), Dr. Ir. Agus Justianto, M.Sc, dalam sambutannya menyampaikan, bahwa Badan Litbang dan Inovasi, memiliki peran krusial dalam memberi landasan pengambilan keputusan dan pembuatan kebijakan melalui arsitektur landasan pengetahuan.

Dalam perannya tersebut, Badan Litbang dan Inovasi juga diberikan kewenangan untuk mengelola sebanyak 35 KHDTK, dengan luas lebih dari 37.000 Ha, di berbagai wilayah provinsi, sebagai pengembangan, sebagaimana P.15/Menlhk/Setjen/Kum.1/5/2018 dan Peraturan Kepala BLI Nomor P.4/Litbang/Set/PLA.2.2/2019.

Dari 35 KHDTK itu, salah satunya adalah KHDTK Aek Nauli, yang pengelolaannya ditugaskan kepada Balai Penelitian dan Pengembangan Lingkungan Hidup dan Kehutanan (BP2LHK) Aek Nauli.

Berdasarkan Surat Keputusan Menteri Kehutanan No. 39/Menhut-1/2005, tanggal7 Pebruari 2005, BP2LHK Aek Nauli, ditugaskan untuk mengelola KHDTK Aek Nauli seluas 1.900 Ha untuk kepentingan penelitian dan pengembangan, pendidikan dan pelatihan, serta religi, wadah penelitian.

KHDTK Aek Nauli merupakan kawasan hutan yang kaya akan potensi alam, atraksi alam dan biodiversitas fauna.

Foto bersama usai launching program silvopastura di KHDTK Aek Nauli.  

Di dalam KHDTK Aek Nauli terdapat kawasan arboretum seluas 45 Ha yang terdiri atas blok-blok tanaman yang tersusun rapi yang dibangun mulai dari tahun 1989.

Blok-blok tanaman tersebut, terdiri atas jenis-jenis konifer dan non konifer yaitu agathis, sampinur tali, sampinur bunga, kemenyan, medang-medangan dan lain sebagainya. Arboretum tersebut dirawat rapi hingga pada lantai hutan, sehingga bersih dan bebas dari rerumputan dan semak belukar.

Ketersedian kawasan, ketersediaan rerumputan, sumberdaya manusia, dan litbang (inovasi) adalah peluang yang selama ini belum dimanfaatkan secara optimal di KHDTK Aek Nauli.

Bergerak dari hal inilah, maka Badan Litbang dan Inovasi melalui BP2LHK Aek Nauli akan mengembangkan program silvopastura.

Program silvopastura adalah bentuk agroforestri yang menggabungkan kegiatan kehutanan dan peternakan dalam satu sistem pengelolaan lahan. Untuk di KHDTK Aek Nauli, silvopastura nantinya akan dilaksanakan dengan konsep yang sistemnya, bukan dengan penanaman tanaman pakan ternak di bawah tegakan, melainkan dengan penggembalaan terkontrol pada zonasi tertentu di kawasan hutan yang tanaman pakan alaminya berlimpah.

Launching program silvopastura di KHDTK Aek Nauli, merupakan bentuk sosialisasi, bahwa BP2LHK Aek Nauli, tidak hanya melaksanakan kegiatan penelitian dan pengembangan saja, tetapi juga turut berupaya nyata dalam mendukung program pemerintah dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Selain itu, launching ini juga merupakan upaya mendapatkan dukungan berbagai pihak dalam pengelolaan dan pengembangannya, serta juga merupakan sarana untuk mempromosikan program silvopastura, sebagai destinasi wisata ilmiah baru, di BP2LHK Aek Nauli.

Selain melaunching program silvopastura di KHDTK Aek Nauli, hari ini kita juga akan membranding sebuah aplikasi identitas pohon dengan nama Astri yang merupakan akronim dari Ask the Tree, katanya.

Astri merupakan aplikasi interaktif yang menggunakan tampilan chatbox untuk memberikan informasi spesifik suatu jenis pohon kepada pengguna. Astri menggunakan sumber data dari berbagai model pertanyaan yang mungkin muncul dengan menentukan kata kunci dari setiap pertanyaan tersebut, untuk kemudian memilih pilihan jawaban yang sesuai dengan kata kunci yang dimasukkan dalam pertanyaan, akhir Dr. Ir. Agus Justianto, M.Sc.

Penulis: tim. Editor: gun.

Daftarkan diri Anda sebagai anggota Heta News untuk selalu mendapatkan buletin berita populer langsung di kotak surat elektronik Anda!

Berlangganan

Daftarkan diri Anda sebagai anggota Heta News untuk selalu mendapatkan buletin berita populer langsung di kotak surat elektronik Anda!

Berlangganan

Aplikasi Heta News sudah tersedia di Google Play Store. Silakan pasang di ponsel pintar Anda!