HETANEWS

Ulang Tahun ke-77, Ma'ruf Amin Dapat Ucapan di Angkasa

Ma'ruf Amin mendapat ucapan selamat ulang tahun saat berada di dalam pesawat. (Dok. Biro Pers Setwapres)

NTB, hetanews.com - Wakil Presiden Ma'ruf Amin yang ulang tahun hari ini, Rabu (11/3), mendapat kejutan dari pilot Pesawat British Aerospace RJ 85 (BAe-RJ 85) Kapten pnb Yusak ketika dalam penerbangan menuju Nusa Tenggara Barat (NTB).

Saat pesawat yang membawa Ma'ruf berada di atas langit Blora, Jawa Tengah, Yusak dari kokpit mengumumkan akan mendarat sekitar satu jam lagi di Lombok, NTB.

Usai memberikan informasi itu, Yusak tiba-tiba menyampaikan ucapan selamat ulang tahun yang ke-77 untuk Ma'ruf. Yusak turut mendoakan kesehatan dan keselamatan orang nomor dua di Indonesia ini.

"Kami mengucapkan selamat ulang tahun kepada Bapak Wakil Presiden, Bapak Ma'ruf Amin. Ulang tahun yang ke-77. Semoga Bapak Wakil Presiden selalu sehat seajahtera dan dikarunia usia yang penuh berkah serta bahagia selalu bersama keluarga," kata pilot.

Melihat kejutan itu, Ma'ruf membalasnya dengan menyampaikan terima kasih atas ucapan dan doa yang diberikan.

"Terima kasih atas ucapan dan doanya, semoga kita semua tetap sehat dalam menjalankan amanah," kata Ma'ruf dalam keterangan resmi dari Sekretariat Wakil Presiden.

Ma'ruf ditemani istrinya, Wury Esty Handayani lepas landas menuju Bandara Internasional Lombok, Lombok Tengah pukul 06.00 WIB. Di NTB, Ma'ruf diagendakan meresmikan Pembukaan Musyawarah Nasional V Asosiasi DPRD Kota Seluruh Indonesia (ADEKSI).

Selepas dari NTB, Ma'ruf bertolak ke Solo untuk menerima penganugerahan UNS Award 2020 Parasamya Anugraha Dharma Krida Upa Baksana. Penghargaan Tertinggi ini diberikan atas jasa dan kepeloporannya dalam bidang Ekonomi Syariah.

Ma'ruf sendiri lahir di Desa Kresek, Tangerang pada 11 Maret 1943. Ketua Umum nonaktif Majelis Ulama Indonesia (MUI) itu merupakan anak semata wayang dari pasangan Muhammad Amin dan Maimunah.

Kelahiran Ma'ruf bertepatan saat Desa Kresek kedatangan penjajah Jepang di Indonesia yang baru mengalahkan Belanda. Jepang mendarat di Teluk Banten bersamaan dengan pendaratan di wilayah Eretan, Cirebon 1 Maret 1942.

Dalam buku Arif Punto Utomo yang berjudul 'KH Ma'ruf Amin: Penggerak Umat, Pengayom Bangsa', menulis bahwa ayahnya sudah menyiapkan nama terbaik bagi Ma'ruf. Ma'ruf bayi diberi nama Ma'ruf Al-Kharki.

Pemberian nama itu mengandung harapan besar bagi sang ayah untuk Ma'ruf. Sang Ayah berharap anak semata wayangnya itu mampu menjadi ahli sufi seperti ahli sufi dari Irak bernama Abu Mahfudz bin Firus Al Kharki

Ma'ruf tumbuh menjadi seorang kiai. Ia besar di kalangan Nahdhatul Ulama. Pelbagai jabatan pun pernah ia emban, mulai ketua Pengurus Cabang NU Tanjung Priok hingga menjabat sebagai Rais Aam Pengurus Besar Nahdlatul Ulama.

Selain itu, Ma'ruf menjabat sebagai ketua MUI. Ia pun dipinang Presiden Joko Widodo untuk mendampinginya pada Pilpres 2019. Akhirnya, pasangan Jokowi-Ma'ruf terpilih sebagai presiden dan wakil presiden 2019-2024. 

sumber: cnnindonesia.com

Editor: sella.