HETANEWS

Golkar Ingin Usung Airlangga Hartarto Jadi Capres di 2024

Ketua Umum Golkar Airlangga Hartarto

Jakarta, hetanews.com -  Wakil Ketua Umum DPP Golkar, Rizal Mallarangeng mengatakan partainya bakal mengusung Airlangga  Hartarto sebagai calon presiden pada 2024 mendatang. Saat ini, Airlangga menjabat sebagai Ketua Umum Golkar dan Menko Bidang Perekonomian Kabinet Indonesia Maju.

Rizal mengutarakan itu saat memberi sambutan dalam Pembukaan Musyawarah Daerah x Golkar Papua di Jayapura pada Senin kemarin (9/3).

Rizal mengatakan Golkar juga bakal merebut kembali kejayaannya pada Pemilu 2024 mendatang. Dia lantas meminta para kader untuk melakukan konsolidasi dan koordinasi secara intensif guna memenangkan Pemilu 2024.

Sudah berupaya menghubungi Rizal untuk mengonfirmasi kembali pernyataannya itu. Namun, Rizal belum merespons pesan singkat dan panggilan telepon.

Ketua Badan Pemenangan Pemilu (Bappilu) Golkar Maman Abdurrahman mengatakan partainya belum berfikir soal itu. Saat dihubungi, Maman mengatakan partainya masih fokus melakukan konsolidasi internal.

"Sukses pilkada dan sukses pemerintahan Jokowi," ucapnya saat dihubungi, Selasa (10/3).

Namun Maman mengakui ada dorongan kader di daerah agar Airlangga sebagai ketua umum jadi capres. 

"Wacana itu sudah masih usulan personal kader-kader namun belum menjadi usulan resmi partai," kata Maman.

Namun dari survei tiga lembaga soal kandidat capres 2024, nama Airlangga Hartarto tidak masuk. Survei Indo Barometer misalnya yang masih menempatkan Prabowo Subianto sebagai kandidat kuat di Pilpres 2024 dengan elektabilitas 22,5 persen. Menyusul kemudian Anies Baswedan (14,3 persen), Sandiaga Uno (8,1 persen) dan Ganjar Pranowo (7,7 persen).

Hasil tak jauh berbeda dengan survei Media Survei Nasional (Median). Prabowo masih nomor satu dengan 18,8 persen, disusul Anies Baswedan (15,8 persen), Sandiaga Uno (9,6 persen), Agus Harimurti Yudhoyono (8,3 persen), dan Ridwan Kamil (5,7 persen).

Sementara survei Parameter Politik Indonesia (PPI) dan Politika Research and Consulting (PRC) menyebut elektabilitas Prabowo 17,3 persen disusul Sandiaga Uno 9,1 persen, Ganjar Pranowo 8,8 persen, Anies Baswedan (7,8 persen), dan Agus Harimurti Yudhoyono (5,4 persen)

Airlangga Hartarto adalah politikus Golkar kelahiran Surabaya, Jawa Timur pada 1 Oktober 1962. Dia aktif di berbagai organisasi sejak SMA dan bangku perguruan tinggi.

Sempat menjadi Senat Fakultas Teknik Universitas Gadjah Mada (UGM). Dia juga pernah menjadi Ketua Barisan Muda Kosgoro 1957. Kosgoro merupakan salah satu organisasi tulang punggung Golkar.

Karir politiknya terus menanjak. Terpilih sebagai anggota DPR fraksi Golkar lewat Pemilu 2014.

Pada 2016, Airlangga dipercaya Presiden Jokowi menjadi Menteri Perindustrian. Airlangga menggantikan Saleh Husin dari Partai Hanura.

Airlangga kemudian dipercaya menjadi Ketua Umum Golkar menggantikan Setya Novanto yang terjerat kasus korupsi. Dia dipilih melalui Rapat Pleno DPP Golkar pada 13 Desember 2017.

Airlangga lalu terpilih kembali menjadi Ketua Umum periode 2019-2024 lewat Musyawarah Nasional x pada 5 Desember 2019 lalu. Di tahun yang sama, dia juga dipercaya Presiden Jokowi menjabat sebagai Menko Bidang Perekonomian Kabinet Indonesia Maju 2019-2024.

sumber: cnnindonesia.com

Editor: sella.