HETANEWS

Update CPNS 9 Maret 2020, Ini Rincian Kelulusan Passing Grade Tiap Formasi

Peserta mengikuti Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) untuk kebutuhan di Kota Semarang. Foto: KOMPAS.com/RISKA FARASONALIA

Hetanews.com - Ujian seleksi kompetensi dasar (SKD) calon pegawai negeri sipil ( CPNS) formasi 2019 masih terus berlangsung.Ujian SKD yang telah digelar sejak 27 Januari 2020 lalu telah diikuti lebih dari 3 juta peserta.

“Per Senin (9/3/2020) pukul 18.21 WIB, peserta SKD yang sudah login sebanyak 3.361.802 orang,” kata Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Biro Humas Badan Kepegawaian Negara ( BKN), Senin (9/3/2020) malam.

Tes SKD sendiri terbagi menjadi tiga sub-tes yaitu Tes Wawasan Kebangsaan (TWK), Tes Intelegensi Umum (TIU), dan Tes Karakteristik Pribadi (TKP).

Ketiga sub-tes tersebut mempunyai nilai ambang batas atau passing grade masing-masing.Passing grade ini diatur melalui Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Permenpan RB) Nomor 24 Tahun 2019.

Peserta harus melampaui nilai ambang batas yang ditentukan tersebut.Merujuk pada data rekapitulasi pendaftar CPNS, total pelamar CPNS tahun ini sebanyak 4.197.218 orang.Lantas, berapa persentase kelulusan passing grade tiap formasinya?

1.Formasi Umum

Peserta lolos passing grade dari formasi umum sebesar 44,15 persen.Persentasenya turun dibandingkan Minggu (8/3/2020) kemarin, yaitu sebesar 44,16 persen.

2.Formasi lulusan terbaik atau cumlaude

Peserta yang memenuhi nilai ambang batas atau lulus passing grade formasi lulusan terbaik sebesar 91,65 persen.Besaran persentase per hari ini lebih rendah dibandingkan kemarin yaitu 91,69 persen.

3.Formasi putra/putri Papua dan Papua Barat

Peserta yang lolos passing grade formasi khusus Putra/Putri Papua dan Papua Barat sebesar 26,54 persen.

4.Formasi penyandang disabilitas

Peserta lolos passing grade formasi penyandang sebesar 66,45 persen.

5.Formasi tenaga cyber

Persentase kelulusan peserta formasi tenaga cyber sebesar 56,32 persen.

6.Diaspora

Seluruh peserta dari formasi ini melampaui nilai ambang batas atau persentase kelulusannya sebesar 100 persen.

Pengumuman SKD

Berdasarkan informasi resmi dari BKN, pengumuman hasil SKD secara serentak akan dilangsungkan pada 22-23 Maret 2020.Kemudian, tahapannya akan dilanjutkan dengan pelaksanaan Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) di mana rencananya berlangsung hingga April 2020.

Ketentuan peserta SKD yang lolos ke tahapan SKB merupakan peserta SKD yang melampaui nilai ambang batas dan dengan nilai terbaik yang diurutkan berdasarkan 3 kali jumlah formasi yang dilamar.

Peserta yang lolos tahap akhir seleksi CPNS ditentukan berdasarkan integrasi nilai tes SKD dan tes SKB. Bobotnya, SKD sebesar 40 persen dan SKB sebesar 60 persen.

Sumber: kompas.com

Editor: tom.