HETANEWS

Golkar Putuskan Usung Gibran dan Bobby di Pilkada 2020

Putra Jokowi, Gibran Rakabuming Raka.

Jakarta, hetanews.com - Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Golkar memutuskan untuk mengusung Gibran Rakabuming Raka dan Bobby  Nasution di Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2020. Gibran adalah putra sulung Presiden Joko Widodo yang akan maju di Pilkada Solo. Sementara Bobby adalah menantu Jokowi yang akan maju di Pilkada Medan.

"Sudah diputuskan (usung Gibran dan Bobby)," Ketua Badan Pemenangan Pemilu Partai Golkar Maman Abdurrahman lewat pesan singkat, Senin (9/3).

Ia menerangkan bahwa keputusan mengusung Gibran dan Bobby ini diputuskan berdasarkan aspirasi dari akar rumput. Namun, Maman menegaskan bahwa surat rekomendasi pengusungan dua sosok itu masih dalam proses dan akan dikeluarkan dalam waktu dekat.

PDIP sendiri sampai saat ini belum mengeluarkan rekomendasi bagi kandidat yang akan berlaga di Pilwalkot Solo dan Pilwalkot Medan. Dua wilayah itu terbilang hangat menjadi perbincangan publik Gibran dan Bobby merupakan anggota keluarga Presiden Joko Widodo.
 

Bobby Nasution, mantu Presiden Jokowi, bakal mendapat tiket dari Golkar untuk maju di Pilwalkot Medan 2020
Bobby Nasution, mantu Presiden Jokowi, bakal mendapat tiket dari Golkar untuk maju di Pilwalkot Medan 2020 

Ketua DPP PDIP Bambang Wuryanto menyatakan partainya berencana mengumumkan kandidat calon kepala daerah dari Kota Solo, Kota Medan, dan Kota Makassar di Pilkada 2020 pada gelombang kedua di awal Maret 2020.

"(Pengumuman) Tahap dua itu 3 Maret. Kira-kira tahap dua lah, pasti. Makassar, Solo, Bali mungkin tahap dia. Bali udah siap, Solo udah siap, Makassar udah siap, Medan siap, tapi enggak kita ikutin sekarang," kata Bambang di Kantor DPP PDIP, Jakarta, Rabu (19/2) lalu.

Sejak Gibran dan Bobby memutuskan untuk mengikuti Pilkada 2020, isu dinasti politik menguat. Namun, keduanya menampik.

Andai Jokowi memang ingin membangun dinasti politik, Gibran menganggap seharusnya langsung diberikan jabatan di pemerintahan. Namun itu tak terjadi, sehingga dia membantah keluarganya berupaya membangun dinasti politik.

Begitu pula Bobby. Dia tak sepakat dengan anggapan tersebut. Bobby berdalih hanya ingin mengabdi kepada daerah kelahirannya, yakni Medan, Sumatera Utara.

sumber: cnnindonesia.com

Editor: sella.